Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

mengatasi anak susah makanAnak susah makan adalah salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para orang tua, terutama para bunda. Berbagai cara sudah banyak dilakukan untuk mengatasi anak susah makan, namun tidak sedikit dari cara itu yang berhasil sesuai harapan. Bahkan masalah anak susah makan tidak jarang membuat ibu stress dan tertekan dalam menghadapinya karena dapat berdampak pada kesehatan anak. Seorang ibu selalu dibuat khawatir dengan kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak suka pilih-pilih makanan.

Faktor yang menjadi penyebab anak susah makan adalah faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik yaitu terdapatnya gangguan pada organ pencernaan maupun adanya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis yaitu gangguan psikologis pada anak seperti suasana makan yang kurang menyenangkan, kondisi rumah tangga atau keluarga yang bermasalah, tidak pernah makan bersama dengan orangtua dan anak dipaksa untuk memakan makanan yang tidak mereka sukai. Untuk itu ada beberapa cara ampuh mengatasi anak susah makan yang penting untuk ibu perhatikan.

1. Kenali penyebab anak susah makan

Jika anak susah makan maka sebagai orangtua tentunya harus tau apakah yang menyebabkan anak susah makan atau bahkan tidak mau makan. Apakah anak sedang sakit, apakah anak tidak suka dengan menu makannya atau gangguan psikologis yang membuat anak jadi susah makan. Mengatasi anak susah makan yang terbaik adalah yang sesuai dengan penyebabnya.

2. Jangan memaksa anak

Anak mempunyai selera tersendiri terhadap makanan. Makanan apa yang mereka sukai dan tidak sukai adalah tugas orangtua untuk menemukannya. Anak mempunyai hak kapan mereka mau makan dan seberapa banyak porsi makan yang mereka konsumsi. Jangan sampai orangtua memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak mereka sukai. Karena hal itu justru akan semakin membuat anak menjadi enggan untuk makan.

3. Ciptakan suasana yang nyaman saat anak sedang makan

Orangtua dapat menjadikan waktu makan menjadi saat yang menyenangkan bagi anak. Misalnya dengan mengajak anak membuat makanan bersama-sama dengan resep baru atau dengan menghias makanan agar lebih menarik dan menggugah selera. Jangan biarkan anak makan sambil menonton televisi karena itu dapat mengganggu emosional anak yang mengakibatkan anak susah makan.

4. Variasi menu makanan sesuai dengan selera anak

Variasikan menu makan anak setiap kali makan, baik dari bahan makanan maupun cara penyajiannya. Manfaatkan bentuk, bahan makanan, warna-warna menarik yang disukai oleh anak. Sedangkan untuk tampilnya dapat diberi hiasan dengan memanfaatkan sayur-sayuran misalnya tomat, wortel, irisan telur dan lain sebagainya.

5. Orangtua sebagai contoh

Jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Misalnya dengan makan sayur setiap hari, karena siapa tau dengan anak sering melihat orangtuanya mengkonsumsi sayur maka anak menjadi suka makan sayur.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi anak susah makan demi menjaga kesehatan anak. Semoga dapat bermanfaat dan membantu orangtua dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://socola.vn/photos/image/2012/Thang11/01/Tre-luoi-an.jpg
Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Family, Madu Kesehatan untuk Keluarga

Madu Syamil Familly merupakan madu alami yang terbuat dari dari bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 35.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak

Madu Herbal Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan Atasi Nafsu Makan Dan Cacingan Pada Anak

Madu herbal anak syifa kids adalah herbal yang diformulasikan khusus untuk anak keluarga anda. 100% ....
Rp 45.000 Beli

Komentar