Cara Mengatasi Sesak Nafas Bagi Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sesak Nafas Bagi Ibu Hamil

sesak nafas bagi ibu hamil

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil rawan mengalami sesak nafas. Sesak nafas yang dialami ibu hamil selama masa kehamilan sering menimbulkan rasa khawatir dan tidak nyaman sehingga harus diwaspadai.

Sesak nafas bagi ibu hamil biasanya disebabkan oleh kondisi janin yang semakin besar. Karena ketika janin semakin besar maka tekanan yang diberikan pada diafragma juga akan menjadi semakin besar sehingga kondisi seperti inilah yang menyebabkan ibu hamil sulit untuk bernafas. Selain itu, sesak nafas pada ibu hamil juga disebabkan karena perubahan hormonal selama masa kehamilan. Terutama peningkatan hormon progesteron yang dapat mempengaruhi gerak paru-paru sehingga ibu hamil kekurangan pasokan oksigen.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Bagi Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sesak nafas bagi ibu hamil:

1. Perhatikan Posisi Tidur

Apabila selama masa kehamilan Anda mengalami gangguan tidur akibat sesak nafas maka sebaiknya ubah posisi tidur dengan bersandar pada bantal untuk mengurangi sesak nafas.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Selama masa kehamilan sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan kurangi makanan berlemak, gula serta garam untuk menjaga berat badan Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sesak nafas yang lebih parah.

3. Hindari Minuman Yang Mengandung Soda Dan Kafein

Selama masa kehamilan sebaiknya Anda menghindari minuman seperti kopi, teh dan soda karena jenis minuman tersebut dapat meningkatkan pengeluaran cairan menjadi lebih tinggi dan kemungkinan mengakibatkan dehidrasi. Seain itu, kopi dan teh juga mengandung tannin yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

4. Olahraga Teratur

Bagi ibu hamil sebaiknya melakukan olahraga secara teratur seperti jalan kaki setiap pagi atau mengikuti latihan yoga utuk mengatur pernafasan. Lakukan olahraga ringan sesuai dengan persetujuan dokter.

5. Perbanyak Asupan Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti sayuran hijau dan juga buah berry sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mencegah terjadinya sesak nafas.

Itulah beberapa cara mengatasi sesak nafas yang aman bagi ibu hamil dan juga janin. Semoga dapat bermanfaat dan salam sehat selalu.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.fsps.muni.cz/impact/first-aid/images/sudden-illness-4.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar