Kesehatan

Buah Strawberry, Buah Sehat Dan Menyegarkan Saat Berpuasa

strawberrySaat menjalani ibadah puasa seperti sekarang ini, Anda harus pintar-pintar menjaga imunitas tubuh Anda Apalagi saat musim pancaroba, cuaca buruk yang tidak terduga bisa menjadi penyebab utama sakit flu. Serangan flu juga bisa membuat pekerjaan terganggu. Untuk memperkuat daya tahan tubuh, ada baiknya Anda memperbanyak makan buah yang asam. Salah satu buah asam yang bisa menangkal sakit flu adalah buah strawberry.

Buah strawberry adalah buah dengan warna yang cantik, aroma yang wangi dan rasanya asam. Buah srawberry memiliki kandungan pigmen antosianin dan juga antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan tersebutlah yang membuat strawberry memiliki warna merah yang cantik dan menyegarkan. Karena warnanya yang cantik dan menyegarkan, membuat strawberry banyak dipakai untuk kue, es krim dan sajian dessert yang menggiurkan. Ternyata dibalik manfaatnya yang banyak, buah strawberry juga punya segudang manfaat. Manfaat buah strawberry untuk kesehatan tubuh antara lain:

Memutihkan gigi

Tidak sedikit orang mengetahui manfaat baik strawberry untuk memutihkan gigi, sebab asam yang terdapat pada buah, membantu menghilangkan noda pada gigi. Karena vitamin C nya yang cukup tinggi, buah ini dapat memerangi beberapa bentuk kanker dan juga membantu melawan kolesterol jahat.

Menurunkan berat badan

Studi menunjukan bahwa strawberry merupakan buah yang baik untuk diet, sebab bebas lemak. Satu cup strawberry mengandung 0,6 mg lemak. Strawberry juga dapat menekan nafsu makan. Anda bisa makan strawberry saat sarapan dengan tambahan sereal agar mendapatkan energi yang cukup sepanjang hari.

Kesehatan mata

Makan tiga buah strawberry atau lebih setiap hari mampu menurunkan resiko degradasi mata. Menurut penelitian terbaru, vitamin C pada strawberry juga ampuh melindungi mata dari sinar matahari.

Kesehatan kulit

Antioksidan bernama asam ellagic ampuh mencegah keriput dan memperbaiki sel kulit rusak yang disebabkan oleh sinar UV. Jadi selain menggunakan krim kecantikan yang mencegah penuaan seperti berry milk scrub, Anda bisa juga menikmati strawberry untuk menyehatkan kulit Anda.

Kesehatan otak

Strawberry bisa dikatakan sebagai makanan super untuk otak. Bagaimana tidak, penelitian membuktikan bahwa konsumsi strawberry berkaitan erat dengan penurunan resiko penyakit Alzheimer, Parkinson, dan demensia.

Kesehatan jantunglulur susu domba

Selain mengandung antioksidan, strawberry  juga kaya akan kalium. Mineral ini  membantu mengatur elektrolit dalam tubuh, sehingga menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu juga mengandung folat, bahan utama dalam memproduksi sel darah merah. Mengkonsumsi buah strawberry secara rutin sama dengan berusaha menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Memperkuat sistem imun

Antioksidan yang terkandung di dalam strawberry mampu mencegahkan penyakit jantung, kanker, dan menghambat proses  penuaan dini. Selain itu antioksidannya juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh menjadi lebih tahan terhadap gempuran virus flu dan virus lainnya.

Ibu hamil

Tahukah Anda, strawberry juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi menjaga perkembangan otak janin dalam rahim. Asam folat juga berkhasiat mencegah bayi lahir cacat.

Itulah beberapa khasiat menakjubkan dari makan buah strawberry. Anda bisa menyertakan buah strawberry dalam menu sahur dan berbuka Anda, karena buah strawberry, buah sehat dan menyegarkan saat berpuasa. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://it.wallpapersus.com/wallpapers/2012/07/cibo-14-864x1152.jpg
2. https://pondokibu.com/uploads/2012/04/lulur_susu_domba_1.jpg