Bayi & Anak, Keluarga, Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak

Omega 3 Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Omega 3 merupakan salah satu nutrisi makanan yang penting untuk tumbuh kembang anak. Karena omega 3 mengandung lemak DHA, dimana pada tubuh kita, DHA paling banyak ditemukan pada otak dan mata. Omega 3 sangat penting bagi perkembangan sel-sel otak karena 40% asam lemak di otak terdiri atas asam lemak omega 3. 

Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat.  Hasil penelitian dewasa ini juga telah membuktikan bahwa manfaat omega 3 yang terbesar adalah untuk perkembangan otak dan mata bayi. Sebag

Waktu pemberian omega 3 pada anak antara lain:

Saat masih janin

Untuk mencetak kecerdasan otak anak, sudah harus dimulai sejak dalam kandungan. Karena saat dalam kandungan merupakan awal dari pembentukan berbagai alat dan organ vital. Jadi bagi ibu yang sedang mengandung wajib menyertakan nutrisi omega 3 dalam daftar makanannya.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa ibu yang kadar DHA pada darahnya tinggi, memiliki anak yang lebih baik dalam kemampuan inderawi, kognitif dan gerak motorik. Bayi dengan omega 3 yang cukup, memiliki kemajuan sekitar 2 bulan lebih awal dibandingkan bayi yang kurang omega 3. Mereka lebih baik dalam tes kepekaan yang dilakukan pada usia 6 bulan, serta memiliki kemampuan belajar visual yang lebih baik ketika berusia 1-2 tahun.

Saat usia 5 tahun

Pemberian omega 3 juga bisa dilanjutkan sampai anak usia 5 tahun, karena sangat dibutuhkan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf otak, dimana pada usia ini pertumbuhan otak anak lebih cepat dan pesat.

Untuk mengatasi masalah dalam membaca

Jika si kecil memiliki masalah dalam hal membaca, cobalah memberikan omega 3 yang ada dalam minyak ikan. Hasil studi menemukan bahwa anak-anak yang memiliki keterampilan membaca tidak terlalu baik akan mengalami peningkatan sebesar 20 persen dalam waktu 3 minggu sejak diberikan asam lemak omega-3 dari minyak ikan maupun beberapa jenis ganggang. Konsumsi omega-3 DHA meningkatkan kinerja membaca dan membantu anak-anak mengejar ketinggalannnya dengan kelompok sebaya mereka.

BACA JUGA:  9 Makanan Kecerdasan Otak Anak

Selain itu, manfaat omega 3 juga bisa membantu anak dengan kondisi seperti ADHD, gangguan disleksia dan koordinasi perkembangan.

Begitu banyaknya manfaat omega 3 untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Sehingga mulai dari sekarang, Anda bisa menambakan omega 3 dalam daftar menu makanan anak Anda. Nutrisi omega 3 juga bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti kapsul minyak ikan salmon, dan kapsul fish oil gold omega 3 suplemen makanan untuk sehari-hari.

Selalu berikan omega 3 pada anak Anda dari kecil sampai dewasa. Karena omega 3 tetap dibutuhkan sampai usia dewasa. Kurangnya kadar omega 3 akan membuat sel saraf di otak kekurangan energi untuk proses perkembangan otak sehingga dapat mengganggu kerja dan fungsi otak seperti hilangnya daya ingat dan penurunan fungsi otak lainnya secara drastis.

Sumber gambar:
1.http://catatan.legawa.com/2011/02/fakta-tentang-omega-3/
2.https://pondokibu.com/uploads/2013/04/Fish-Oil-Gold-Omega-3-Plus.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....