Kecantikan

7 Menu Sahur Dan Berbuka Yang Bisa Membuat Kulit Cantik

kacang almondMenjaga kesehatan dan kecantikan kulit saat bulan puasa juga penting kita lakukan, karena dengan kulit yang segar terawat akan membuat tubuh juga merasa bugar. Menjaga kecantikan kulit tidak hanya dari luar saja, tetapi juga harus dilakukan dari dalam. Makanan sehat dan bernutrisi dapat membuat kulit terlihat cantik dan berkilau. Untuk itu, Anda harus pintar memilih makanan apa saja yang baik untuk kulit Anda saat bulan puasa. 7 menu sahur dan berbuka yang bisa membuat kulit cantik.

1. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan padat nutrisi yang mengandung vitamin A, vitamin C, serat dan potasium serta kaya akan karoten. Vitamin A adalah nutrisi penting yang berkontribusi pada pertumbuhan sel, sedangkan vitamin A dan kalium berkontribusi untuk menyehatkan kulit. Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki ubi jalar, membuat makanan ini baik untuk kesehatan mata, kulit dan rambut.

2. Kacang almond

Kacang almond adalah salah satu makanan padat nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit Anda. Kacang almond kaya akan vitamin E, mangan, magnesium, tembaga dan riboflavin. Vitamin E dapat melindungi jaringan tubuh, mengandung lemak baik dan vitamin A dari proses oksidasi, sementara kandungan tembaga dalam almond sangat penting dalam sintesis kolagen. Anda dapat menambahkan kacang almond ke dalam salad atau menyantapnya sebagai camilan.

3. Sayuran laut

Sayuran laut merupakan salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan kulit kita. Sayuran laut seperti rumput laut dan rumput laut nori adalah makanan yang baik untuk kecantikan kulit Anda. Selain tinggi fitonutrien, khususnya yodium, sayuran laut juga dapat membantu mengatur tiroid, membakar lemak dan mengkonversi karoten menjadi vitamin A, nutrisi penting untuk kesehatan kulit, rambut dan mata. Anda dapat menambahkan sayuran laut pada menu sahur dan berbuka puasa Anda.

4. Pepaya

Buah pepaya selain enak dimakan saat berbuka puasa, juga memiliki manfaat buat kulit kita. Pepaya adalah buah dengan kandungan rendah kalori, kaya vitamin C, A, E dan K, asam folat dan kalium. Vitamin C dalam pepaya, bersama dengan tembaga dan besi, sangat penting untuk pembentukan kolagen dalam sel. Dimana seiring dengan meningkatnya usia tubuh manusia, tingkat kolagen juga ikut menurun dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekencangan. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan, mengurangi kerusakan akibat oksidasi dan infeksi.

5. Brokoli

Brokoli yang disajikan dalam sup tentu akan menggugah selera makan Anda. Selain rasanya yang enak, brokoli juga mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan vitamin E. vitamin C dalam brokoli dapat membantu dalam produksi kolagen dan membuat kulit tampak sehat dan lentur, sedangkan vitamin E dapat melindungi membran sel kulit dan menjaganya dari kerusakan akibat radiasi UV.

6. Wortel

Siapa yang tidak suka makan wortel? Semua orang pasti suka dengan sayuran dengan rasa manis ini.

Sayuran yang bisa dengan mudah kita temui dalam berbagai resep masakan ini kaya akan beta karoten yaitu antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ini membantu perbaikan jaringan kulit dan juga melindungi kulit terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

7. Ikanalpha gel bovine collagen

Ikan salmon, makarel dan sarden adalah jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini dapat membantu melindungi membran sel kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan juga dapat mengurangi resiko kanker kulit. Lemak sehat ini juga memungkinkan air dan nutrisi masuk ke kulit dan sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh. Asam lemak omega-3 juga dapat melawan peradangan di kulit.

7 makanan sehat yang bisa membuat kulit menjadi cantik ini bisa Anda jadikan menu sahur dan berbuka Anda. Selain dengan mengkonsumsi makanan, Anda juga menambahkan suplemen herbal untuk kecantikan kulit Anda seperti alpha gel bovine collagen , dan kapsul b-dara collagen 5 in 1.

sumber gambar:
1. http://www.makeitaffordable.com/uploads/2013/03/kacang-almond.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/-6gnzkbbDT9Y/TiOfkuMX1vI/AAAAAAAAAAM/GTp6w_H3L50/s400/DSC03714.JPG