Permainan Anak

Berkunjung Ke Kebun Binatang

Share Yuk!

berkunjung ke kebun binatangMayoritas anak-anak menikmati perjalanan ke kebun binatang. Anda dapat menggunakan kebun binatang untuk memperbesar perhatian terhadap dunia alamiah dan mengenalkan mereka pada berbagai bentuk kehidupan yang mempesona. Temukanlah beberapa jalan untuk membantu perjalanan anda di sini!

Kegembiraan dan permainan

Permainan tebakan akan membantu anak anda mengerti bagian-bagian dan fungsi dari hewan. “Apa yang kamu pikirkan tentang sirip pada anjing laut?” (Anjing laut menggunakan sirip mereka untuk berenang di air.) “Apa yang kamu pikirkan tentang lengan yang panjang dan berotot pada siamang?” (Lengan mereka membantu mereka bergelayutan di pepohonan). “Mengapa armadillo memiliki kepala yang dilapisi seperti baju baja sebagaimana tubuhnya yang dilapisi dengan plat?” (Baju baja dan plat melindungi mereka dari hewan pemangsa). Pada anak anda yang sudah dewasa, mereka akan dapat mengerti jawaban-jawaban yang lebih kompleks dari pertanyaan-pertanyaan itu.

Anak-anak dapat mempelajari tentang bekerja sama dengan melihat binatang-binatang yang terkait. Biarkan mereka membandingkan ukuran, bentuk-bentuk kaki, telinga, cakar, bulu atau berbagai bentuk lainnya. Tanyakan kepada mereka,”Apakah singa seperti kucing rumah?” “Mengapa mereka serupa?” “Apakah gorilla mirip baboon?”

Tips dan Trik

Berikut ini adalah beberapa sugesti yang akan membantu agar perjalanan anda lebih berfaidah:

Berdiskusilah terlebih dahulu dengan anak anda. Apa yang mereka bayangkan tentang kebun binatang? Anak yang masih sangat kecil mungkin akan mau pergi ke kebun binatang dengan lebih bersikap baik jika mereka dijamin bahwa di sana terdapat tempat makan, air mancur dan kamar mandi.
Tidak perlu melihat segala sesuatu dalam sekali kunjungan. Kebun binatang adalah tempat yang ramai karena kadang dibanjiri oleh anak muda dan juga anak-anak.

BACA JUGA:  Es Batu Berwarna Untuk Mandi

Cobalah untuk berkunjung ke kebun binatang pada waktu yang luang atau jam-jam kosong . Hal ini akan memberi kesempatan lebih tenang dan memberikan kesempatan pada anak untuk melihat hewan-hewan dengan leluasa.

Cobalah pula pergi ke pameran-pameran khusus atau fasilitas-fasilitas untuk anak-anak seperti laboratorum pembelajaran untuk keluarga atau kebun binatang piaraan. Di sini, anak-anak bisa menyentuh dan memeriksa binatang dan mengikutsertakan mereka pada proyek yang dikhususkan untuk mereka.

Rencanakan tindak lanjut dan proyek-proyek. Anak yang tertarik 6engan bebek akan menikmati untuk membuat kandang di belakang rumah. Yang satunya suka dengan kura-kura akan menikmati untuk menggunakan bak mandi untuk meniru rumah kura-kura.

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-B0qWGFCSCS8/VA8J9n4A-FI/AAAAAAAAD7c/ky4w5UbgryU/s1600/maxresdefault.jpg

Share Yuk!