Permainan Anak

Ikuti Kata Terakhir-permainan Berbahasa

Ikuti Kata Terakhir-permainan Berbahasa

Bagaimana melatih kemampuan anak dalam berbahasa? Anda bisa melatihnya sejak dini dengan permainan-permainan yang menyenangkan.

Anda mungkin pernah memainkan komunikata, atau bisikan rantai dengan anak-anak Anda. Itu juga bagus untuk melatih mereka berbahasa, juga untuk membantunya belajar mengungkapkan pikiran-pikiran dan isi hatinya.

Ada satu lagi permainan berbahasa, yang cukup seru jika Anda mainkan bersama keluarga saat semuanya berkumpul dan bersantai. Kita sebut, “Ikuti Kata Terakhir”.

Caranya, duduklah melingkar bersama putra-putri Anda. Mulailah dengan sebuah kalimat, misalnya, “Hari ini kita berpuasa”. Lalu tunjuk seorang anak Anda untuk mengikuti kata terakhir Anda yaitu “berpuasa”. Misalnya, ia menyambung “Berpuasa itu dapat pahala”. Lalu anak lain menyambung dengan kata “pahala”. Misalnya, “pahala dari Allah itu sangat besar”. Begitu seterusnya. Paculah anak-anak Anda untuk dapat mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya.

Pilihkan kata-kata yang menyenangkan, dan dapat diikuti oleh anak-anak yang lebih kecil. Menggunakan kata-kata yang lucu pun tak masalah. Asalkan tetap kontrol mereka untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang baik dan sopan.

Sumber gambar : http://info.clarksoneyecare.com/Portals/107996/images/vision%20stages%20for%20babies.jpg