Permainan Anak

Permainan Anak Pasir dan Adonan

Permainan Anak Pasir dan Adonan

Sebagai orang tua saya seringkali bingung dan kehabisan bahan mau ngajarin anak apa ya? yang bermanfaat, ga membosankan, mengasah otaknya dengan permainan sederhana tapi kaya pemahaman, kreatif, menyenangkan dan mengasyikkan.  Saya mencoba membaca berbagai sumber dan menemukan permainan yang cukup menyenangkan

yaitu permainan pasir dan adonan.
Nah mungkin Semua teknik berikut ini dapat membantu balita untuk mempelajari tentang sifat berbagai macam benda melalui permainan.

Pasir

  • Sediakan corong, saringan, atau wadah berlubang dan biarkan anak melihat apa yang terjadi saat ia menuangkan pasir ke dalam benda tersebut.
  • Berikan cangkir, mangkuk, ember dan wadah lainnya untuk bermain dan untuk membandingkan berapa banyak pasir yang bisa dimuat di dalm setiap wadah.
  • Setelah mengisi kantung kecil dengan pasir, gunting ujungnya. Biarkan anak Anda menggambar bentuk-bentuk dengan aliran pasir yang mengalir dari lubang.
  • Buatlah Istana Pasir, lalu minta Anak untuk mencari benda-benda yang bisa dgunakan sebagai dekorasi di kebun, di pantai, atau lingkungan sekitar, seperti : bunga, daun, kerang, stik kayu es krim, dan sebagainya.

Plastisin

  • Berikan anak anda beberapa macam cetakan kue. dan tunjukkan kepadanya cara memotong sehingga jadi berbagai macam bentuk
  • Bentuklah beberapa plastisin menjadi bentuk sosis yang panjang, lalu buatlah bentuk spiral, ular dan garis luar rumah dengan menggunakan adonan.
  • Bantu ia membentuk benda dengan menekan kuat-kuat tangan dan kaki mereka diatas sepotong adonan yang tebal.

Nah barangkali ibu-ibu ingin mengajak anak-anaknya bermain dengan permainan sederhana ini. barangkali ibu-ibu juga punya banyak refernsi permainan sederhana dan menyenangkan untuk dimainkan bersama anak-anak sekaligus mengasah kecerdasan dan kekeratifitasan mereka. Ibu-ibu bisa berbagi di blog ini….

Sumber Gambar : https://imbang88.files.wordpress.com/2010/04/4.jpg

BACA JUGA:  Rangsang Motorik Halus Si Kecil : Masukkan Ke Dalam Celah