Kesehatan

5 Makanan Dan Minuman Yang Jadi Primadona Saat Bulan Ramadhan

kolakBanyak ciri khas yang bisa mengingatkan kita pada bulan Ramadhan, diantaranya makanan dan minuman untuk berbuka. Ada beberapa makanan dan minuman yang keberadaanya identik dengan bulan puasa, karena memang musimnya bebarengan dengan bulan puasa. Beberapa menu ini sebetulnya sering kita jumpai pada bulan-bulan biasanya, namun pada saat bulan Ramadhan tiba, makanan dan minuman ini menjadi banyak dicari orang. Tidak heran jika menu-menu ini menjadi makanan khas pada bulan Ramadhan. 5 makanan dan minuman yang jadi primadona saat bulan Ramadhan antara lain:

1. Kolak

Kolak merupakan kuliner khas Indonesia yang selalu jadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Kolak sering menjadi makanan manis saat berbuka puasa. Isian kolak sendiri cukup bervariasi di setiap daerah, seperti kolak dengan isian pisang, kolang-kaling, nangka, singkong, ubi, dan masih banyak lagi. Walaupun dengan isian yang bervariasi, namun semua rasa kolak hampir sama yaitu manis dan gurih.

2. Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini selalu menjadi primadona saat bulan Ramadhan. Kurma biasanya sebagai makanan pembuka saat berbuka atau sahur, bahkan bagi beberapa orang, kurma sudah menjadi buah yang wajib ada saat berbuka. Selain memiliki rasa yang manis dan legit, kurma juga menyediakan banyak nutrisi untuk tubuh.

3. Timun suri

Timun suri adalah buah yang dijual musiman, terutama di bulan Ramadhan. Hampir sama dengan blewah, timun suri memiliki rasa manis yang segar dan biasa diolah menjadi komponen dalam minuman. Selain khasiatnya yang bisa melegakan dahaga, timun suri juga mengandung kalium yang tinggi sehingga sangat bermanfaat menjaga kesegaran tubuh saat bulan puasa.

4. Blewahes blewah

Blewah menjadi salah satu buah khas Ramadhan. Blewah yang disajikan menjadi es blewah tentu menjadi minuman menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga selepas seharian berpuasa. Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, blewah menjadi minuman istimewa saat berbuka puasa. Tidak salah jika Anda mengkonsumsi buah blewah saat berbuka puasa, karena selain rasanya yang enak, kandungan nutrisinya pun banyak. Buah sejenis dengan melon ini kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan.

5. Es cendol/es dawet

Siapa tak kenal es cendol atau juga biasa disebut es dawet. Minuman manis yang terbuat dari tepung beras yang dicetak dengan saringan khusus dilengkapi dengan kuah santan dan gula kelapa ini biasa diminum saat cuaca sedang panas. Dan saat Ramadhan seperti sekarang ini, es cendol menjadi kuliner primadona yang kerap dihidangkan ketika berbuka puasa.

Inilah lima makanan dan minuman yang menjadi primadona saat bulan Ramadhan. Anda bisa menjadikannya salah satu dari menu favorit Anda dan keluarga berbuka puasa. Selamat mencoba!

sumber gambar:
1. http://cdn.kaskus.com/images/2013/07/10/5649637_20130710033651.jpg
2. https://sphotos-b.xx.fbcdn.net/hphotos-prn2/182143_348674665240758_707136297_n.jpg