Kesehatan

Khasiat Tanaman Belimbing Manis (Averhoa Carambola L.)

Share Yuk!

Khasiat Tanaman Belimbing ManisBelimbing merupakan buah yang bisa dengan mudah didapat, harganya juga terjangkau. Sehingga belimbing bisa dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat. Belimbing Manis merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia.

Ciri buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air.

Belimbing Manis memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternatif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan.

Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, rematik dan lain-lain. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul.

Pada penderita penyakit ginjal,dan penderita diabetes mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena buah ini mempunyai kandungan Asam Oxalat  dan kadar gula yang tinggi. Juga Selain itu, Belimbing Manis mengandung racun yang mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita penyakit ginjal, racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya.

Berikut beberapa resep  untuk menyembuhkan penyakit dengan bahan tanaman belimbing :

BACA JUGA:  Mengatasi Ejakulasi Dini (ed)

1. Hipertensi

Caranya:
a. Beberapa buah belimbing muda diparut lalu diminum air perasannya. Lakukan 2x sehari.
b. Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih, ditumbuk, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sdm. Campurkan perasan tersebut dengan 1 sdm air jeruk nipis dan ½ sdm madu. Lakukan 2x sehari.

2. Bisul

Caranya:
Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tersebut kebisul dan balut.

3. Rematik

Caranya:
Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit kencur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air ke ramuan tersebut. Tempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

4. Melancarkan Air Seni

Caranya:
Segenggam daun belimbing manis dicuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal setengah. Saring air rebusan, beri sedikit madu. Minum 2x sehari.

5. Malaria

Caranya:
Segenggam bunnga belimbing kering diseduh dengan segelas air mendidih. Saring dan minum 2x sehari.

6. Sakit Maag

Caranya:
10 helai daun belimbing, seujung jari kunyit, seujung jari temu kunci direbus dengan ½ gelas air mendidih.  Setelah dingin minum 1x sehari.

7. Batuk Pada Anak-Anak

Caranya :
2 buah belimbing yang sudah masak dimakan 2x sehari. (bisa juga untuk menyembuhkan radang tenggorokan, Demam dan Kolesterol, caranya sama dengan untuk menyembuhkan batuk).

(sumber buku “Aneka Resep Obat Kuno Yang Mujarab “, MB Rahimsyah-Atik Sri Hartati )

Sumber Gambar : https://img3.zakaz.ua/metro.1361001710.ad72436478c_2013-02-26/metro.1361001710.SNCPSG10.obj.0.1.jpg.oe.jpg.pf.jpg.1350nowm.jpg.1350x.jpg
Share Yuk!