Kecantikan, Tips & Trik Bisnis

Mengatasi Perut Buncit

Mengatasi Perut BuncitDari segi penampilan perut buncit tentu tidak disukai  apalagi bagi wanita. Seorang wanita yang perutnya buncit tetapi bukan karena hamil sering merasa minder dalam pergaulan. Segala cara pasti dicoba jika dengan cara itu dia bisa mengatasi perut buncitnya.

Banyak wanita yang menginginkan perut indah dan kencang sehingga badan kelihatan langsing. Biasanya mereka berusaha menghilangkan lemak diperut dengan cara olah raga sendiri atau di fitness centre.  Akan tetapi  walaupun sudah berusaha keras di fitness centre untuk mengencangkan perutnyanya hasilnya perut nya tak kunjung kecil juga.

Perut yang membesar umumnya disebabkan oleh timbunan lemak, bukan otot-ototnya mengendor seperti persangkaan orang. Untuk menghilangkannya adalah dengan pengaturan pola makanan (diet) serta  latihan-latihan aerobik.

Perut yang membuncit bisa diakibatkan oleh kebiasaan  berdiri dengan badan bagian atas membungkuk sehingga bahu dan punggung bagian bawah melengkung, dada melengkung kedalam atau punggung melengkung ke belakang, perut akan Nampak besar. Sikap tubuh yang biasa demikian akan membuat otot perut mengendor sehingga kurang menarik dilihat. Kemungkinan sebab yang lain karena otot-otot perut kurang bekerja atau kurang berlatih yang berarti hanya otot punggung saja yang  yang menguatkan punggung kita. Hal itu akan membuat perut tampak kendor  dan punggung bagian bawah juga akan sering terasa sakit atau pegal-pegal.

Untuk melatih otot dan untuk menghindari berbagaI keluhan serta agar perut tampak indah latihan bisa dilakukan secara khusus atau dengan sikap sehari-hari.  Biasakanlah dalam melakukan aktivitas apapun jangan membungkukkan badan dan pada saat kerja, saat mengendarai motor atau mobil, sedang berjalan  dan sebagainya tegangkanlah otot perut bagian bawah selama lima atau sepuluh hitungan setiap hari.  Kebiasaan akan  melatih otot-otot untuk segera bekerja. Yang perlu diingat janganlah menegangkan otot sepanjang waktu karena hal itu bisa mengakibatkan pernafasan terganggu.

Latihan yang dianjurkan adalah sit up. Latihan dimulai dengan mrngangkat punggung, lalu badan bagian atas  sampai vertical, kaki lurus dikaitkan dengan barang-barang yang lebih berat untuk menahan. Kemudian  badan diturunkan lagi. Setelah membungkukkan badan bagian atas sampai pada tulang belikat, otot-otot fleksor pada  pinggang akan mengambil alih tugas menaikkan badan. Disini akan terasa suatu hentakan  seperti pergantian persnelling dan punggung bagian bawah akan lurus atau melengkung. Sit Up tidak boleh dilakukan secara cepat karena dikhawatirkan mengakibatkan cidera punggung.

Teknik latihan yang benar akan aman dan cepat membuahkan hasil. Tekankan punggung bawah keras-keras pada alas latihan sebelum memulai latihan, tarik dagu kedalam dan gunakan otot-otot perut untuk mengangkat badan. Jangan pula mendorong kepala dan leher kedepan. Keluarkan nafas dengan menarik perut pada waktu akan mengangkat sama seperti pernafasan alami tetapi diperkeras sehingga dapat mengencangkan otot-otot perut pada setiap kali ulangan. Latihan sebaiknya dilakukan dua set yang terdiri 15 kali ulangan. Seminggu cukup dilakukan sebanyak tiga kali.

Sumber: Buku “Sehat dan Bugar Tanpa Obat 1”  karya Dr. Anies

Sumber Gambar : http://i2.wp.com/www.nynutritiongroup.com/uploads/2014/08/diet-verse-exercise.jpg