Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat asam jawaAsam jawa atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Tamarind adalah sejenis buah berwarna cokelat yang rasanya cukup masam. Daging buah asam jawa biasanya digunkan oleh masyarakat sebagai bumbu aneka masakan yaitu untuk menambah rasa asam makanan, misalnya saja pada sayur asam.

Asam jawa merupakan suatu komoditas yang sangat berharga karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat didalamnya tentu saja memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam asam jawa adalah vitamin E, vitamin C, vitamin B, kalium, fosfor, kalsium, mangan, zat besi dan serat makanan. Selain nutrisi tersebut, ada juga sejumlah senyawa organik yang menjadikan asam jawa sebagai agen anti-oksidan dan anti-inflamsi yang hebat bagi kesehatan tubuh.

Banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa organik yang penting dalam asm jawa membuat buah ini sangat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh yang memberikan peran positif secara keseluruhan.

1. Membantu system saraf bekerja dengan baik

Jika tangan atau kaki Anda sering merasakan kesemutan atau otot-otot terasa lemah, mungkin hal itu terjadi karena tubuh Anda kekurangan thiamin serta vitamin B yang memiliki peranan penting pada fungsi tubuh termasuk bagi aktifitas saraf dan otot.

2. Membantu mencegah sembelit

Asam jawa adalah salah satu buah yang juga berada dalam jajaran buah yang mengandung serat terbanyak, dimana serat sangat membantu tubuh untuk mengatasi sembelit.

3. Menjaga tulang tetap kuat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi potasium dan magnesium memiliki tulang yang lebih kuat dari pada yang tidak.

4. Membantu mengontrol tekanan darah

Manfaat asam jawa yang lain adalah membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol pengaruh sodium pada tubuh, dimana setiap 100 gram asam jawa mengandung potasium yang tinggi yaitu 2 kali lipat dari potasium yang terdapat pada buah pisang.

5. Mencegah anemia

Karena mengandung zat besi yang cukup tinggi maka manfaat asam jawa bisa membantu Anda dalam mengatasi penyakit anemia.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jarang sekali buah ataupun sayur mengandung protein. Diantara semua jenis buah dan sayur, asam jawalah yang merupakan sumber protein paling tinggi. Protein dapat memproduksi antibody yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam membasmi bakteri dan virus yang mengganggu kesehatan tubuh.

7. Membantu kesehatan gigi dan gusi

Gusi berdarah atau gigi yang tanggal merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Asam jawa mengandung vitamin C yang cukup bagi tubuh sehingga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

8. Membantu mengontrol level kolesterol

Selain mengandung thiamin, asam jawa juga merupakan sumber niasin yang baik bagi kesehatan tubuh. Niasin dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

9. Membantu memproduksi energi

Asam jawa mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk melepaskan energi dari karbohidrat. Sehingga, jika Anda sedang merasa lelah maka mengkonsumsi asam jawa adalah salah satu cara yang dapat membantu Anda dalam mengusir lelah tersebut.

Sedikit informasi mengenai beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh tersebut semoga dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://ybertaud9.files.wordpress.com/2012/09/tamarind.jpg
Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Deskripsi Produk : Frutablend adalah kapsul herbal yang diracik dari 22 macam jenis sayuran dan ....
Rp 195.000 Beli
Duo Berry, Untuk Perawatan Tubuh Dari Dalam

Duo Berry, Untuk Perawatan Tubuh Dari Dalam

Duo berry adalah cara aman untuk memperoleh tubuh yang sehat dan tampak lebih muda. Duo ....
Rp 150.000 Beli

1 Komentar

  1. Terima kasih atas informasinya khususnya mengenai manfaat asam jawa terhadap kesehatan karena informasi ini sangat bermanfaat bagi saya karena kebetulan hampir 10 manfaat di atas adalah hal yang saya perlukan.

Komentar