Kerajinan Tangan, Bunga Hias Dari Kulit Jagung

bunga dari kulit jagungKerajinan tangan memiliki banyak macam yang bisa dijadikan hoby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif seorang wanita. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan berupa bunga hias, dalam membuatnya wanita sudah terbukti kehebatannya karena memiliki rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan wanita.

Banyak jenis-jenis kerajinan tangan berupa bunga hias yang diperjualbelikan di pasaran. Salah satunya adalah kerajinan bunga hias dari bahan kulit jagung atau biasa dikenal dengan klobot jagung. Mengubah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang sia-sia menjadi kerajinan tangan bunga hias nan cantik mampu dijadikan peluang usaha yang dapat dipelajari. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan bunga hias dari kulit jagung :

Bahan dan Alat :

  1. Kulit jagung
  2. Gunting
  3. Pewarna atau Wantex
  4. Lem
  5. Kawat
  6. Tempayan 5 buah
  7. Plastik berwarna

Cara Pembuatan :

  1. Pilihlah kulit jagung yang bagus dan sudah dianggap tua atau cukup umur, sekitar 3 bulan.
  2. Kemudian kulit jagung dilepaskan dari buahnya satu persatu sesuai dengan lembarannya.
  3. Untuk lembaran daun yang pertama sampai dengan lembaran yang ketiga sebaiknya dipisahkan karena lembaran tersebut merupakan kulit jagung dengan kualitas yang terbaik.
  4. Kulit jagung yang telah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna atau wantex perebusan selama kurang lebih 1 jam dan sebaiknya dibolak-balik agar warnanya dapat merata.
  5. Setelah itu kulit jagung ditiriskan lalu dikeringkan, cara mengeringkannya sebaiknya jangan dijemur dibawah terik matahari karena kulit jagung dapat menjadi pecah.
  6. Setelah kering, kulit jagung selanjutnya disetrika dengan suhu yang sedang dan jangan terlalu panas.
  7. Lalu kulit jagung dilapis menjadi 2 sebelum akhirnya dipola, hal ini bertujuan agar dalam membentuk pola menjadi kelopak bungan menjadi lebih mudah dan tidak gampang sobek.
  8. Kemudian buat kulit jagung menjadi pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  9. Setelah dibentuk menjadi pola lalu diserut sesuai dengan lengkungan yang diinginkan.
  10. Untuk langkah yang terakhir, rangkai bahan yang telah dibentuk dan diserut menjadi bentuk bunga.
  11. Setelah selesai dirangkai, bunga kemudian diberi tangkai dengan menggunakan karet yang telah dibalut dengan floral tape atau pita. Bunga hias dari kulit jagung siap dipajang disudut rumah Anda.

Itulah cara mengubah kulit jagung yang mulanya hanya sampah menjadi kerajinan tangan bunga hias yang siap menghiasi ruangan rumah Anda. Semoga dapat bermanfaat untuk mengisi waktu luang Anda dirumah. Selamat mencoba.

13 Komentar

  1. Bunganya bagus bagus… tambah lagi ya, kerajinan dari kulit jagungnya yang selain bunga ‘.’

  2. Mba bagus banget jadiNya ,,, sya juga udah nyoba mba cuman koq belum nemu gimana caranya biar mahkota bunga ƍä mudah lepas dari kelopakx gimana caranya yah mba ?? Bisa di share ƍä gimana cara ngrangkaix . Makasih sebelumx

Komentar