Pada musim pancaroba banyak orang yang mudah terkena Pilek. Pada anak-anak maupun orang dewasa pilek mudah sekali menular. Terutama saat kondisi badan sedang menurun / sedang tidak fit.

Biasanya bila sudah tertular pilek pasti orang terus buru-buru mencari obat pilek. Padahal dengan perawatan sederhana dirumah pilek bisa segera sembuh tanpa memakai obat-obat kimia. Cara-caranya sebagai berikut:

1.       Beristirahat di Rumah.

Pilek disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Dengan bercakap-cakap dengan penderita pilek saja  orang bisa tertular apalagi bila si penderita pilek bersin-bersin dan batuk-batuk maka otomatis anda akan mudah tertular. Jadi pada saat anda atau anak anda pilek sebaiknya dirumah saja, selain untuk menghindarkan orang lain agar tidak tertular juga karena pilek akan semakin parah jika digunakan untuk aktivitas.

2.       Tidur Yang Cukup

Berikan kesempatan tubuh untuk beristirahat untuk mendapat tenaga baru dan  memerangi pilek dengan tidur yang cukup. Untuk anak-anak tentu tidak betah kalau harus tidur terus jadi sediakanlah mainan  yang bisa dimainkan sambil tiduran agar dia tidak bosan.

3.       Makan Buah

Jangan makan terlalu  banyak, akan lebih baik kalau makan buah-buahan atau sari buah. Karena buah-buahan atau sari buah tubuh akanmendapat banyak vitamin yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Hindarkanlah makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim, cokelat dsb sebab kadar gula berlebih akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.  Jika anak anda minum susu botol jangan diberi gula, sebaiknya diberi minum sari buah yang tidak mengandung gula saja.

4.       Minum Yang Banyak

Perbanyaklah minum air bersih yang sudah dimasak untuk menghanyutkan virus dari tubuh. Untuk orang dewasa 10 gelas sehari sedang untuk anak-anak 5 gelas sehari. Hindarilah minum air dingin dan kalau bisa minumlah air atau sari buah setiap jam.

5.       Berkumur Dengan Larutan Garam Yang Hangat

Campur ½ sendok the garam dengan seghelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut  3 x sehari. Biarkan air mengalir kekerongkkongan untuk beberapa detik lalu berkumurlah agak lama. Sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan orang dewasa.

6.       Mengompres Leher

Sesudah berkumur  dengan air garam kompreslah leher dengan lap yang telah diredam air hangat. Untuk anak sebaiknya dilakukan ketika anak sedang tidur.

7.       Meredam Kaki Dengan Air Hangat

Pilak berawal dari gejala sakit kepala, hidung mengeluarkan cairan dan jika tidak ditanggulangi dengan cepat bisa mengalami demam. Pada saat itu sebaiknya dirawat dengan merendam kaki dalam air hangat  sehari 2 x pagi dan petang. Meredam kaki dengan air hangat akan melancarkan aliran darah ke kepala sehingga sakit kepala akan berkurang.

8.       Menghirup Uap Panas

Tempatkan air panas dalam wadah, dekatkan muka anda pada wadah tersebut dan hiruplah uapnya.  Menghirup uap panas akan menolong melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Lakukanlah sehari 2 x.