Cara Menjaga Kehamilan Bayi Kembar Agar Tetap Sehat

kehamilan bayi kembarMasa kehamilan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang wanita terutama bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Kehamilan bayi kembar tentu saja menjadi hal yang istimewa bagi ibu hamil beserta keluarga. Bukan hanya satu anak yang akan didapatkan, namun ibu hamil akan mendapatkan dua anak bahkan lebih yang tentunya sangat lucu.

Keistimewaan tidak hanya pada bayi kembar, akan tetapi perhatian lebih intensif yang harus lebih diutamakan pada masa kehamilan oleh seorang ibu hamil dengan bayi kembar. Masa kehamilan bayi kembar termasuk dalam kelompok kehamilan yang memiliki resiko cukup tinggi. Sehingga ibu hamil bayi kembar harus sering melakukan pemeriksaan lebih intensif dan rutin. Berikut ini adalah cara menjaga kehamilan bayi kembar agar tetap sehat.

1. Melakukan pemeriksaan rutin

Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan lebih rutin karena resiko kehamilan bayi kembar lebih tinggi, maka harus dilakukan pengawasan lebih ketat untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin.

2. Memenuhi nutrisi

Seperti masa kehamilan pada umumnya, kehamilan bayi kembar juga membutuhkan gizi yang seimbang agar kesehatan janin dalam kandungan dapat terjaga dengan baik.

3. Banyak minum air putih

Kehamilan bayi kembar berarti beban perut dan punggung ibu hamil semakin berat. Banyak minum air putih setiap harinya dapat membantu ibu hamil mengurangi nyeri punggung.

4. Memperhatikan aktivitas

Kehamilan bayi kembar akan menyebabkan diafragma tertekan keatas yang menyebabkan luas paru-paru berkurang. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan ibu hamil mudah lelah dan mudah mengalami sesak nafas. Hindari pekerjaan berat dan naik turun tangga ketika perut sudah mulai membesar.

5. Istirahat cukup

Kehamilan bayi kembar pada ibu hamil disarankan untuk banyak tidur miring untuk melancarkan peredaran darah menuju plasenta. Jika Anda seorang wanita karir maka pertimbangkan untuk mengambil cuti lebih awal.

Dengan informasi mengenai cara menjaga kehamilan bayi kembar ini semoga dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://blog.grosirkebutuhanbayi.com/uploads/2013/11/Hamil-Bayi-Kembar.jpg

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar