Kehamilan & Kelahiran

Cara Mencegah Rambut Rontok Pasca Persalinan

rambut rontok pasca persalinanFakta bahwa banyak wanita setelah melahirkan mengalami kerontokan rambut, memberikan ketakutan tersendiri bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Padahal rambut rontok pasca melahirkan (Postpartum Hair Loss) adalah normal dan hanya terjadi sementara saja, tidak ada hubungannya dengan proses menyusui.

Selama kehamilan, rambut memang sedang berada dalam kondisi terbaiknya, tebal dan tidak rontok. Hal ini karena terjadinya lonjakan hormon androgen yang memperpanjang fase pertumbuhan rambut.

Perubahan hormonal ini juga menghentikan produksi minyak di kulit kepala. Tak heran bila penampilan ibu hamil semakin bersinar karena rambut juga terasa lebih mengembang. Namun, setelah bayi lahir, produksi androgen pun berkurang. Fase rambut yang normal pun kembali lagi, yakni fase tumbuh dan rontok yang sempat terhenti dalam 9 bulan terakhir. Pada kembalinya fase normal ini, rambut yang selama kehamilan tidak pernah rontok akan berguguran. Jumlah yang rontok memang cukup banyak, sekitar 10-30 persen.

Kabar baiknya, saat si kecil menginjak usia 6 bulan, rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok. Karena penyebab kerontokan rambut adalah terjadinya perubahan hormon, maka hal ini tidak mungkin dihindari dan dihentikan. Namun, Anda dapat mendorong pertumbuhan kembali lebih cepat dengan memijat kulit kepala setiap pagi selama 1-2 menit sebelum keramas atau bisa dengan menggunakan masker perangsang tumbuh rambut.

Kebiasaan merawat rambut dengan baik, dan rajin keramas adalah cara yang paling sederhana  dalam perawatan rambut, selain itu ada beberapa cara mencegah rambut rontok pasca persalinan, diantaranya:

  1. Hindari gaya rambut yang menarik atau meregangkan rambut Anda. Menarik rambut dapat menyebabkan stres dan trauma pada kulit kepala Anda. Rambut yang terlalu ditarik lebih cenderung rontok secara alami.
  2. Pertahankan diet sehat yang meliputi buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran tidak hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga mengandung flavanoids dan antioksidan yang melindungi folikel rambut. Selain itu, makanan ini mendorong pertumbuhan rambut meningkat, yang dapat mengimbangi rambut hilang setelah kehamilan.
  3. Tambahkan vitamin dan nutrisi untuk diet Anda. Vitamin B kompleks, vitamin E dan C, seng, dan biotin membantu meningkatkan kekuatan rambut dan kesehatan.
  4. Pilih shampo dan kondisioner dengan bahan-bahan berkualitas. Shampo yang mengandung biotin atau silika meningkatkan kesehatan rambut dan merangsang pertumbuhan folikel. Gunakan shampo ini secara teratur dan bilas dengan air dingin.
  5. Sisir rambut basah anda dengan sisir bergigi jarang. Sisir bergigi jarang mengurangi jumlah rambut tertarik dan.
  6. Kurangi penggunaan alat-alat styling yang panas. Alat styling panas seperti alat pengeriting rambut, rol panas, dan pengering dapat meningkatkan kerontokan rambut. Biarkan rambut Anda kering oleh udara secara alami.
  7. Rambut dipotong pendek. Rambut panjang lebih berat dan menarik kulit kepala Anda. Potongan rambut pendek dapat menyebabkan rambut Anda terlihat lebih penuh dan sehat, selain menjadi lebih mudah untuk diurus daripada potongan rambut panjang.
  8. Hindari stres. Memiliki bayi baru untuk diurus dapat menciptakan lebih banyak stres dalam hidup Anda, tetapi cobalah untuk menghindari situasi stres tambahan. Stres dapat menyebabkan rambut Anda rontok.

Nutrisi untuk Kesehatan Rambut:shampo herbal zaitun olivea

  • Biotin : daging, kacang kering, dan biji-bijian
  • B6   : daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Asam omega 3  : salmon, biji-bijian, kacang makadamia, dan kenari
  • Tembaga : biji-bijian, buah kering, almon, dan sayuran
  • Zinc : biji-bijian, sayuran, daging, dan makanan laut

Untuk mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dengan menggunakan produk shampo yang berbahan alami seperti Qiara herbal, shampo herbal olivea zaitun plus ginseng, olivea shampo herba zaitun plus pegagan, Al Katel, dan black magic kemiri shampo. Jika anda termasuk dalam 50 persen wanita yang mengalami hal ini, ingatlah bahwa hal ini hanyalah bersifat sementara saja dan kabar baiknya adalah setiap ada rambut yang rontok, akan ada rambut baru yang tumbuh.

PENTING UNTUK ANDA : 

Sumber gambar : http://family.fimela.com/sites/default/files/u8/rambut-ibu-hamil-4.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Qiara Shampo, Shampo Herbal Untuk Mengatasi Segala Masalah Rambut

Qiara Shampo, Shampo Herbal Untuk Mengatasi Segala Masalah Rambut

Qiara Shampo Herbal adalah ramuan tradisional yang terbuat dari daun-daunan dan rempah-rempah asli dari alam Indonesia ....
Shampoo Kemiri Syuga Atasi  Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Shampoo Kemiri Syuga Atasi Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Black Magic sekarang menjadi Shampoo Kemiri Syuga adalah Shampo untuk pemanjang rambut, penumbuh rambut dan penghalus rambut ....
Al’Katel Herbal Alami Penumbuh Rambut

Al’Katel Herbal Alami Penumbuh Rambut

Al’Katel Herbal Alami Penumbuh Rambut adalah herbal yang dibuat dari jenis serangga dan dipercaya berkhasiat ....