Tips Penggunaan Internet Aman Untuk Anak

tips-penggunaan-internet-aman-untuk-anakKini perkembangan zaman yang semakin canggih sehingga anak – anak pun kini di tuntut untuk mengenal internet. Namun banyak orang tua yang khawatir jika sang anak salah pergaulan dengan menggunakan internet. Kini orang tua harus lebih bijak dalam mengawasi sang anak dalam penggunaan internet. Berikut ini ada beberapa tips penggunaan internet aman untuk anak.

1. Filter content

Pada bagian search engine bisa anda atur agar memblokir berbagai situs yang tidak boleh di akses oleh anak – anak. Misalnya saja seperti situs yang berbau pornografi dan provokatif.

2. Buatlah aturan

Buatkan aturan pada sang anak berapa lama ia boleh mengakses internet dan situs apa saja yang boleh di akses. Diskusikan terlebih dahulu dengan anak dalam pembuatan peraturan ini. Beritahu juga pada sang anak bahwa jika ia melanggar bisa di kenakan sanksi. Tulis dan letakkan peraturan tersebut di samping meja komputer agar sang anak selalu ingat akan peraturan tersebut.

3. Komunikasi tentang penggunaan internet

Sebelum sang anak menggunakan internet bicarakanlah terlebih dahulu dengan sang anak. Katakan pada anak apa yang menjadi dampak buruk dan dampak baik dalam menggunakan internet. Beri arahan pada anak tentang situs apa yang boleh dan tidak boleh di kunjungi oleh anak. Jangan lupa memberitahu anak jangan sembarangan mengobrol dengan orang asing yang tidak di kenal lewat sosial media.

4. Monitoring software

Anda bisa menggunakan software monitoring yang langsung terkoneksi dengan email. Jadi anda bisa mengetahui situs apa saja yang telah dibuka anak anda, konten apa saja yang telah di download dan apa saja isi percakapannya

 

Leave a Comment