Kehamilan & Kelahiran

Tips Bepergian Dengan Pesawat Saat Hamil

Tips Bepergian Dengan Pesawat Saat HamilPada dasarnya wanita hamil diperbolehkan bepergian dengan menggunakan pesawat. Dengan kata lain, tidak ada masalah kesehatan yang serius bagi ibu dan janin dalam kandungan. Meskipun demikian, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan apabila ingin bepergian dengan pesawat terbang.

Berikut tips aman bepergian dengan pesawat terbang ketika hamil :

  1. Wanita hamil lebih baik tidak melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lebih dari 6 jam.
  2. Wanita hamil dilarang melakukan penerbangan ketika hamil muda (trimester pertama), karena pada 3 bulan pertama tersebut kondisi Anda masih lemah dan sering mengalami morning sickness (mual muntah). Jadi, trimester pertama kehamilan adalah periode kehamilan dimana Anda dilarang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.
  3. Apabila harus melakukan perjalanan dengan pesawat, wanita hamil sebaiknya menunggu sampai kehamilannya mencapai 14-27 minggu. Pada kondisi ini, kondisi wanita hamil sudah lebih siap dan lebih fit untuk bepergian jauh.
  4. Wanita hamil dilarang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang ketika memasuki trimester akhir (trimester ketiga) kehamilan.
  5. Jika kehamilan sudah memasuki bulan ketujuh, kehamilan akan cenderung beresiko. Kemungkinan terjadinya berbagai komplikasi kehamilan seperti kelahiran premature atau plasenta previa cukup besar.
  6. Bila memang harus melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, perbanyaklah konsumsi air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Ketika pesawat berada pada ketinggian tertentu, kelembaban di kabin pesawat akan semakin rendah. Pasokan oksigen tidak sebanyak ketika masih di darat. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga pasokan air ke dalam tubuh. Namun, hindari meminum teh atau kopi, apalagi soda karena hal ini dapat menyebabkan perut Anda menjadi kembung.
  7. Bila ingin bepergian dalam kondisi hamil, tentunya lebih baik Anda tidak bepergian sendirian. Hal ini terlalu beresiko. Ajaklah seseorang yang bisa menjaga dan menemani Anda selama perjalanan.
  8. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai rencana Anda untuk bepergian dengan pesawat. Tanyakan semua informasi tentang hal itu dengan jelas. Dokter biasanya akan melarang Anda untuk melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama. Misalnya perjalanan ke negara lain untuk waktu yang lama. Selain itu, dokter tentu tidak akan mengizinkan Anda untuk melakukan perjalanan ke tempat/daerah yang sedang memiliki wabah penyakit.
  9. Jika dokter Anda mengizinkan Anda untuk bepergian, jangan lupa membawa rekam medis kehamilan Anda, karena sewaktu-waktu hal ini bisa saja dibutuhkan selama perjalanan.
  10. Selama perjalanan, gunakan pakaian yang nyaman dan hangat. Hindari menggunakan pakaian yang terbuat dari karet, terutama di bagian pinggang atau bagian perut. Untuk membuat tubuh Anda tetap hangat di dalam kabin pesawat, jangan lupa membawa syal atau sweater
  11. Ketika membeli tiket, lebih baik Anda membeli kursi yang tidak terlalu jauh dari toilet. Hal ini akan mempermudah Anda kapanpun Anda ingin pergi ke toilet. Hindari kursi yang berada dekat jendela karena akan menyulitkan orang yang duduk disebelah Anda bila Anda harus sering ke toilet.
  12. Selama perjalanan, wanita hamil tidak diperbolehkan memakai sepatu hak tinggi. Gunakan sepatu yang rendah dan nyaman di kaki Anda.
  13. Bawa buku, bacaan atau benda favorit Anda lainnya untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan. Atau Anda bisa membawa sesuatu yang dapat menghibur Anda saat perjalanan
  14. Kencangkan sabuk pengaman di bagian bawah pinggang Anda. Jangan sampai menekan perut Anda.
  15. Jika perlu, cobalah untuk berdiri dari kursi Anda setiap 30 menit untuk peregangan otot kaki dan pinggang. Hal ini juga membantu Anda untuk mencegah penyumbatan darah.
  16. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Anda harus merasa bahagia, santai, dan yakinkan diri Anda bahwa Anda dan bayi Anda akan baik-baik saja selama perjalanan

sumber: informasitips.com

Sumber Gambar : http://www.chatt.hdsb.ca/~calanchied/S09A69F28.1/8312011_92805_1.gif?src=.PNG