Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Tips Agar Anak Bangun Saat Sahur

tips agar anak bangun sahurSalah satu perjuangan orang tua saat bulan ramadhan khususnya ketika waktu sahur tiba, selain sibuk mempersiapkan menu untuk sahur adalah membangunkan buah hati mereka yang terlelap tidur. Sekalipun buah hati (yang masih usia 5 – 9 tahun) sudah berniat akan ikut berpuasa, saat jam sahur telah tiba, bisa lain cerita.

Padahal, sahur adalah kegiatan yang penting sebagai sarana pemasok energi dan nutrisi selama satu hari berpuasa. Sekalipun anak-anak masih dalam tahap belajar puasa (penuh ataupun setengah hari), mereka harus diajak berdisiplin dengan tidak meninggalkan waktu sahur. Bagaimana trik untuk membangunkan anak untuk ikut sahur, berikut kami informasikan tips agar anak bangun saat sahur antara lain:

Bangunkan tepat waktu dan buat anak nyaman

Biasakan untuk membangunkan anak tidak lebih dari 40 menit sebelum waktu imsak. Bangun yang terlalu cepat akan membuat anak mengantuk mendekati waktu imsak. Anak-anak biasanya tidak tahan udara dingin pada waktu sahur, siapkan sandal rumah dan pakaikan jaket yang nyaman.

Mengatur waktu tidur si kecil

Ada baiknya Anda mengatur ulang jam tidur mereka, karena si kecil harus bangun pada saat sahur. Memajukan waktu tidur bisa dilakukan agar tubuh si kecil tetap fit dan siap untuk menjalani puasa satu bulan lamanya. Pastikan bahwa mereka tetap mendapat waktu istirahat yang cukup sekalipun harus bangun lebih awal pada malam hari untuk sahur.

Berikan penjelasan pentingnya sahur sebelum berpuasa

Pahala apa yang akan didapat, termasuk pentingnya untuk mengonsumsi hidangan pada jam sahur agar tubuh mereka tetap kuat dan tidak akan kekurangan nutrisi sekalipun berpuasa selama satu bulan. Jelaskan juga risiko jika si kecil tidak mau bangun dan melewatkan waktu sahur. Anak akan malas melakukan sesuatu bila dia tidak tahu apa manfaatnya.

BACA JUGA:  Membuat Origami Bunga Tulip

Jelaskan pentingnya berpuasa dan makan sahur

Anak-anak akan menyukai apa yang dia lakukan jika tahu maksud dan tujuannya. Anda bisa menjelaskan mengapa mereka harus berpuasa, mengapa mereka harus merasakan lapar walaupun banyak makanan tersedia. Jelaskan juga pentingnya untuk mengkonsumsi hidangan pada jam sahur agar tubuh mereka tetap kuat dan tidak akan kekurangan nutrisi. Jelaskan dengan kalimat yang mudah mereka pahami.

Jangan membangunkan anak terlalu awal

Waktu untuk makan sahur yang paling tepat adalah 30 menit sebelum imsak. Anda dan keluarga dapat makan dengan tenang tanpa terburu-buru. Pasang jam weker di kamar si kecil 40 menit sebelum waktu imsak sehingga dia bisa terbangun dengan mudah, atau jemput dan bangunkan ia langsung di kamarnya, jangan bangunkan terlalu awal yang akan mengakibatkan si kecil lama menunggu waktu imsak sampai subuh sehingga ia bisa mengantuk kembali.

Mengajak anak berpartisipasi menyiapkan menu sahur

Anak-anak akan senang jika dia ikut terlibat dalam mempersiapkan hidangan sahur. Tidak perlu meminta dia bangun lebih awal untuk membantu memasak, ajak dia untuk memilih menu makanan sahur malam hari sebelum mereka tidur. Ajak juga dia membersihkan meja makan sebelum tidur dan menempatkan piring serta gelas di atas meja makan pada malam harinya, sehingga saat bangun sahur, dia lebih bersemangat melihat hasil kerjanya.

Mengajak anak menyiapkan sahur

Anak-anak biasanya akan senang jika mereka ikut berpartisipasi menyiapkan hidangan sahur. Anda tidak perlu membangunkan anak lebih awal untuk membantu menyiapkan makanan, tapi Anda mengajak anak untuk memilih menu makanan sahur malamnya sebelum anak tidur. Anda bisa meminta anak membersihkan meja makan sebelum tidur, menyusun sendok di atas meja, menghias nasi yang telah dicetak, dan menempatkan piring serta gelas di atas meja makan pada malam harinya, sehingga saat bangun sahur, dia lebih bersemangat melihat hasil kerjanya. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas bantuan kecil yang dilakukan anak Anda, mereka akan senang karena bisa membantu Anda.

BACA JUGA:  Faktor Yang Menyebabkan Anak Berperilaku Impulsif

menu kesukaan anakMembuat variasi menu makanan

Variasi makanan saat sahur sangat penting Anda lakukan agar anak Anda tidak merasa bosan dan lebih semangat untuk menyantap sahurnya. Jika saat sahur terus-menerus dengan menu yang sama kandungan nutrisi anak juga tidak akan terpenuhi. Anda bisa membuat daftar menu makanan atau Anda bisa juga menambahkan variasi warna untuk meningkatkan nafsu makan si kecil dan mecukupi kebutuhnannya selama berpuasa.

Mengajari anak untuk berpuasa memang harus dilakukan sejak anak masih kecil. Agar saat nanti anak sudah dewasa dan diwajibkan untuk berpuasa, anak akan menjadi terbiasa. Apapun pilihan anak Anda untuk puasa penuh atau setengah hari, mereka tetap harus bangun sahur.

Sumber gambar :
1. http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSfOr39NyLhWhe3WLTTI_brBgHFV5CqJLDIYHDfdjbSjBWOIjifHA
2. http://waroengsunda.net/uploads/2011/05/Waroeng-Sunda-Sosis-Mie.png