Resiko Melakukan Hubungan Intim Saat Keputihan

Organ intim wanita adalah salah satu bagian tubuh wanita paling penting yang harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Memiliki organ intim yang lembab dapat menjadi tempat yang sangat cocok bagi perkembangbiakan bakteri dan juga jamur. Oleh sebab itulah, para wanita harus selalu memperhatikan kondisi kebersihan organ intim wanita agar terbebs dari berbagai masalah yang disebabkan oleh jamur dan juga bakteri.

Organ intim wanita yang kurang terjaga kebersihannya dapat berakibat pada terjadinya masalah keputihan. Kondisi seperti ini tentu saja dapat berdampak pada aktivitas seksual Anda bersama pasangan. Selain dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan diantara kedua belah pihak, melakukan hubungan intim pada saat seorang wanita sedang mengalami masalah keputihan juga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Resiko Hubungan Intim Saat Keputihan

Keputihan adalah cairan yang keluar pada organ intim wanita, yang apabila cairan tersebut terus bertambah maka dapat dikatakan sebagai keputihan abnormal. Sebenarnya keputihan yang normal memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melindungi dan juga membersihkan organ intim wanita. Normalnya cairan yang keluar dari organ intim wanita ini bisa bertambah pada saat wanita sedang dalam masa subur, saat sedang hamil atau akibat adanya rangsangan seksual.

Cairan organ intim wanita atau keputihan yang normal ini umumnya berwarna bening agak putih, berlendir dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Sementara itu, keputihan yang berwarna kekuningan, kehijauan, keabu-abuan, lebih kental dan menimbulkan bau busuk serta dapat menyebabkan rasa gatal disekitar organ intim wanita maka keputihan ini sudah merupakan keputihan yang tidak normal. Biasanya keputihan tidak normal juga menimbulkan rasa nyeri atau bercak darah pada saat melakukan hubungan intim.

Pada kondisi seperti ini, seorang wanita dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan terlebih dahulu karena melakukan hubungan intim pada saat seorang wanita sedang mengalami keputihan dapat menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan tubuh wanita. Mengapa demikian? Karena penetrasi serta gerakan penis ke dalam organ intim wanita akan membuat peradangan atau inflamasi dan juga iritasi. Akibatnya masalah keputihan akan semakin meluas hingga akhirnya dapat membahayakan alat reproduksi yang ada disekitar rahim.

Jika Anda mengalami masalah keputihan, maka segeralah konsultasi kepada spesialis kandungan atau memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Karena penanganan untuk setiap masalah keputihan itu berbeda, tergantung pada penyebab masalah keputihan itu sendiri.

Alangkah baiknya juga jika Anda melakukan pemeriksaan pap smear untuk memeriksa lendir pada organ intim wanita. Cara pemeriksaan ini juga dapat membantu dan mempermudah dokter mengetahui penyebab masalah keputihan baik yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri.

Setelah Anda mengetahui resiko melakukan hubungan intim pada saat keputihan, sebaiknya Anda menghindari aktivitas tersebut demi kesehatan tubuh Anda khususnya kesehatan alat reproduksi wanita. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan salam sehat.

sumber gambar : http://zine.istyle24.com/FileUpload/WebEdit/634777807341004984.jpg

Leave a Comment