Tumbuh Kembang Anak

Pola Asuh Pada Anak Disabilitas

pola-asuh-pada-anak-disabilitasAnak disabilitas adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus, baik dalam ketrampilan, tumbuh kembang maupun dengan intelektualnya. Anak disabilitas memerlukan perhatian dalam pola asuh karena tidak bisa dengan sembarangan pola asuh dengan anak disabilitas. Dengan begitu sang anak dapat mandiri dan dapat berpartisipasi dalam masyarakat.

Namun bukan berarti dengan status sang anak yang disabilitas dapat membuat anda selalu memberikan keinginan sang anak. Hal tersebut justru akan membuat sang anak menjadi tidak. Dalam pengasuhan anak disabilitas memang memerlukan perhatian khusus, namun perhatian tersebut haruslah perhatian yang tepat sejak dini. Oleh karena itu ada perbedaan dalam pola asuh anak disabilitas. Berikut ini ada beberapa cara mengasuh anak disabilitas.

1. Mampu Rawat 

Dimana anggota keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus haruslah mampu menerima sang anak dan merawat sang anak sebagai mana mestinya. Dalam merawat anak berkebutuhan khusus diperlukan perhatian keluarga yang intensif dan pantau terus kesehatan sang anak. Orang tua juga dapat mengikuti komunitas dan organisasi masyarakat dengan jenis disabilitas anak. Agar dapat menambah pengetahuan mengenai pola asuh anak disabilitas.

2. Mampu Latih

Anak dengan disabilitas mampu dilatih bagaimana agar ia dapat mengembangkan kemampuan dalam beraktivitas dan agar sang anak dapat mengerti mana yang baik serta buruk dan juga dapat mengerti apa yang boleh dilakukan serta tidak boleh dilakukan. Misalnya saja aktivitas sehari – hari seperti mandi, makan, minum,dan meletakkan barang pribadi di tempatnya.

3. Mampu DIdik

Anda dapat memasukkan anak dengan disbilitas ke sekolah berkebutuhan khusus. Sekarang ini sudah banyak tersedia sekolah dengan kebutuhan khusus yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Dengan begitu sang anak dapat meningkatkan kemampuan diri serta dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Dan juga supaya sang anak bisa menjadi lebih mandiri bahkan dapat juga bermanfaat bagi masyarakt luas.

Mengenai kesehatan sang anak anda dapat menayakan atau berkonsultasi dengan dokter anak, perawat atau bidan. Selain itu perhatian dari orang tua dan keluarga akan membuat sang anak merasa bahwa ia mendapatkan kasih sayang.

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Extra Fruit, Minuman Kesehatan Alami

Extra Fruit, Minuman Kesehatan Alami

Extra Fruit merupakan minuman kesehatan alami tanpa mengandung bahan kimia sintetis yang bermanfaat sebagai nutrisi ....
Sirih Merah Celup, Minuman Kesehatan Kaya Akan Vitamin

Sirih Merah Celup, Minuman Kesehatan Kaya Akan Vitamin

Sirih Merah Selup merupakan minuman herbal yang terbuat dari 100 daun sirih merah yang di ....