Parenting

Perkembangan Otak Anak Pada Tahun Ke 7, Ke 8 Dan Ke 9

Share Yuk!

Perkembangan Otak Anak Pada Tahun Ke 7Banyak orangtua pusing dengan berbagai tingkah laku anak yang di nilai aneh. ini tidak mengherankan karena orangtua seringkali tidak memahami tentang tahapan perkembangan anak.

Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui tahapan perkembangan anak ini tahap demi tahap, agar orangtua bisa memahami perilaku anak dan bagaimana cara bijak mengatasi segala tingkah laku mereka.
Pada artikel sebelumnya sudah kami tampilkan perkembangan otak anak pada tahun 1 sampai tahun ke 6. Berikut ini artikel tentang perkembangan otak anak pada tahun ke 7, ke 8 dan ke 9.

Tahun Ketujuh

Pada tahun ketujuh ini merupakan tahun mencari identitas awal. Mereka sudah mulai bangga dengan namanya. Kesehariannya seperti mencoba mencari kesempurnaan. Sudah mulai mahir dalam memaparkan idenya.

Kemauan pantang mundur sudah mulai ada.  keinginan untuk mendominasi teman-temannya muncul bersamaan dengan perannya yang ingin seperti pahlawan. Walaupun begitu mereka sudah bisa menerima alternatif yang lain. Justru keyakinannya yang begitu tinggi membuat mereka berani menerima tantangan dan persaingan. Tantangan baginya adalah makanan untuk membesarkan otak kanan bagian dalamnya.

Interaksi dengan teman sebayanya  ditandai dengan ikatan kemitraan. Ada solidaritas kelompok. Berani menetapkan misi tertentu bersama teman-temannya. Tingkat keusilannya mulai tinggi. Keusilan dianggap penyaluran kreativitasnya. Keleluasaan dan kebebasan ingin didapatkan dari lingkungannya untuk mulai menyalurkan ekspresi dirinya.

Tahun Kedelapan

Pada tahun kedelapan ini otak kiri bagian luarnya berkembang dengan pesat. Pelajaran matematika sudah boleh dijejali kepada mereka. Perhatiannya terhadap sekitarnya sudah mulai meluas. Mereka sudah menunjukan keinginan berkuasa dan mengendalikan keadaan.

Mereka sudah pandai menetapkan prioritas, sudah mahir membuat langkah-langkah sistematis, dan sudah muncul ketrampilan mengorganisasi dirinya dan teman-temannya.

BACA JUGA:  Cara Mengajarkan Anak Menabung

Jika mereka brmain sepakbola mereka sudah pandai mengatur strategi. Bahkan jika menonton bola bersama bapaknya ditelevisi, mereka sudah bisa menganalisa permainan dalam skala yang sederhana. Pelajaran computer sudah sangat berguna bagi mereka.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada orang tua ataupun gurunya sangat kritis. Mereka sudah memiliki kemandirian untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan keperluan dirinya.

Tahun Kesembilan

Pada tahun kesembilan ini merupakan fase akhir dari siklus pertama perkembangan anak. Pada umur sembilan tahun ini perkembangan kecerdasan berada di otak tengah dan otak bawah.

Ditandai dengan kefahamannya tentang ketuhanan, ibadah, dan pengorbanan. Mereka seolah-olah melengkapi apa yang belum cukup pada delapan tahun sebelumnya.

Kejujuran seolah menjadi tuntutan dirinya untuk membuatnya lebih dewasa dan bertanggung jawab. Mereka sudah memiliki kepekaan untuk menolong orang yang susah. Membantu ibunya di dapur, atau bahkan sudah sanggup bekerja mambantu ayahnya menjalankan tugas-tugas yang sederhana.

Reaksi marah sudah berani mereka tunjukkan terang-terangan. Mereka seolah-olah ingin mengatakan bahwa mereka anak kecil yang sudah sempurna, segala sesuatunya sudah lengkap dan siap melakukan keterampilan jenis apapun.

Sumber Gambar : http://img.europapress.net/fotoweb/fotonoticia_20141221095933_800.jpg
Share Yuk!