Bayi & Anak, Kesehatan

Perawatan Kulit Sensitif Pada Bayi

perawatan-kulit-sensitif-pada-bayi

Kulit bayi yang baru lahir biasanya masih sensitif, oleh karenanya masih di perlukan perhatian pada perawatan kulit sensitif bayi itu sendiri. Tidak hanya perawatan kulit sensitif bayi namun juga ada perhatian agar kulit bayi tetap halus. Seorang bayi akan memproduksi melanin dalam jumlah yang sangat sedikit pada tahun-tahun awal kelahirannya, dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa bayi menjadi mudah alergi dan peka terhadap krim dan lotion yang kuat jika di oleskan dikulitnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda tentang cara untuk merawat kulit bayi yang sensitif :

  • Pastikan Anda memandikan bayi anda dengan baik dan secara teratur.
  • Bersihkan daerah di belakang telinga, di belakang lutut dan daerah yang sering memakai popok.
  • Juga, pastikan bahwa Anda membuat semua daerah ini menjadi kering.
  • Gunakanlah produk yang spesifik untuk jenis kuit bayi anda yang sensitif.

Kulit seorang bayi memiliki kemampuan menyerap krem dan lotion dengan cepat, jika anda ingin menggunakan lotion pada kulit bayi anda sebaiknya hindari menggunakan lotion yang yang memiliki bahan kimia yang kuat ketika anda mengoleskan pada kulitnya.

Ketika anda akan membersihkan pantat bayi anda, gunakanlah air hangat dan sabun bayi yang lembut, gosoklah secara perlahan dan lembut. Jangan sekali-kali menggosok dengan cara yang kasar, karena akan menyebabkan kulit halusnya menjadi pecah. Setelah selesai membersihkannya, kemudian keringkan dan taburkan bedak bayi agar kulitnya tetap lembut.

Lindungilah kulit bayi anda dari hal-hal yang keras.

Jika anda ingin mengajaknya bepergian keluar rumah ketika siang hari, lindungilah seluruh bagian kulitnya agar tidak terpapar terik sinar matahari secara langsung, dan juga gunakan kerudung untuk menutupi tubuhnya agar terhindar dari terpaan angin secara terus menerus.

Hindarilah menggunakan pakaian bayi yang ketat, dan sebaiknya gunakan bayi anda pakaian yang longgar yang memungkinkan udara beredar dengan bebas pada tubuhnya dan juga mudah menyerap keringat. Karena biasanya bayi mudah berkeringat dan ketika keringat tidak dapat terserap bisa menjadi biang keringat.

Sering-seringlah mengganti sprei tempat tidur bayi anda, agar terhindari dari tungau dan bakteri yang bersarang di tempat tidurnya. Mengganti sprei dan sarung bantal sesering mungkin akan menghindari bayi anda terserang penyakit dan akan membuat kulit bayi anda semakin sehat dan bersinar.

Jemurlah bayi anda pada sinar matahari pagi antara jam 6-7 pagi. Karena pada jam tersebut matahari masih tidak begitu terik. Jangan terlalu lama menjemur sang bayi, alangkah lebih baik saat menjemur sang bayi dalam keadaan terbuka pakaianya supaya dapat terkena kulit bayi. Penjemuran bayi di pagi hari memiliki kandungan manfaat vitamin D, selain itu juga bisa mengurangi kulit bayi yang sensitif berlebih.