Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi Penting Tumbuh Kembang Anak

nutrisi-penting-tumbuh-kembang-anak

Untuk pertumbuhan anak diperlukan nutrisi penting dalam tumbuh kembang anak. Selain dapat mempengaruhi kesehatan sang anak, pemenuhan nutrisi sangat penting dalam menjaga imunitas sang anak. Pemenuhan nutrisi juga baik untuk pertumbuhan fisiknya serta perkembangan otaknya. Oleh karenanya penting bagi anda seorang ibu selalu memperhatikan kecukupan nutrisi bagi sang buah hati.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting dalam tumbuh kembang anak

 

1.Kalsium


Kalsium yang bisa didapatkan dari susu dapat membuat tulang dan gigi yang kuat. Tidak hanya itu, kalsium dapat mempromosikan saraf yang sehat dan meningkatkan fungsi otot. Kalsium juga dapat membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

2.Asam lemak esensial


Memberikan asam lemak dapat membantu membangun sel tubuh anak. Selain itu, si kecil yang banyak makan makanan seperti telur juga akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Otak dan penglihatan yang sehat juga didapatkan dari asam lemak.

3.Zat besi


Kandungan nutrisi ini sangat penting dalam pembuatan hemoglobin yang dapat membawa oksigen di dalam darah. Jika anak mengalami kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan. Daging dapat jadi sumber zat besi yang baik.

Magnesium


Salah satu alasan mendorong anak suka makan sayuran adalah kandungan magnesium yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Magnesium juga dapat menjaga tulang, otot serta memaksimalkan fungsi saraf.

Kalium


Air menjadi elemen penting dalam darah. Kalium dapat berfungsi mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Hal ini akan menjaga tekananan darah sehingga kinerja jantung si kecil terus berjalan normal dan dapat membuatnya tetap aktif saat berkegiatan.

Vitamin A


Jenis vitamin ini sangat baik untuk melindungi tubuh si kecil dari infeksi. Sel-sel dan jaringan dalam tubuh bahkan termasuk rambut, kuku, dan kulit akan terlindungi dengan vitamin A. Maka, banyak makan wortel memang benar-benar membantu kesehatan mata.

Vitamin C


Si kecil pasti sangat mudah terjatuh dan mengalami luka dan memar. Vitamin C dapat membantu perbaikan sel dan jaringan sehingga dapat mebantu pemulihan luka serta memar. Vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan juga dapat menjaga gusi anak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin D


Jenis vitamin ini sangat penting untuk membantu tubuh menyerap mineral seperti kalsium. Artinya vitamin ini dapat membangun gigi dan tulang agar kuat. Nutrisi ini sangat penting untuk membantu anak tumbuh kembang di masa puncak pertumbuhannya. Selain itu, vitamin ini dapat membantu menyeimbangkan hormon yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Vitamin E


Jika hidup di kota besar, Mama akan menemukan banyak polusi yang menyebabkan radikal bebas. Kondisi ini dapat merusak sek. Nutrisi penting untuk anak sangat dibutuhkan untuk perbaikan DNA dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Zinc


Jenis nutrisi ini sangat penting dan kadang sedikit terlupakan. Padahal zinc dapat membantu sistem pencernaan anak dan memperlancar metabolisme. Enzim yang muncul akibat zinc sangat penting bagi tumbuh kembang anak.