Kesehatan

Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Rematik

jaheSelama ini masih banyak yang beranggapan bahwa kalau mandi malam dapat menyebabkan rematik. Pemikiran yang salah ini terus tumbuh dan berkembang di masyarakat yang tidak memahami. Sebenarnya seringnya mandi di malam hari tidak ada hubungannya dengan penyakit rematik. Namun, jika Anda memang sudah mengidap penyakit rematik, memang dianjurkan untuk tidak mandi di malam hari, karena suhunya yang dingin dapat membuat rematik kambuh.

Pengobatan pada penderita rematik secara umum ditujukan untuk menghilangkan/ mengurangi rasa nyeri, menghilangkan gejala inflamasi (peradangan), dan mencegah terjadinya deformitas (perubahan bentuk) dan memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik. Berikut kami informasikan pengobatan alami untuk mengatasi rematik.

Kulit manggis

Kulit manggis memang mempunyai banyak manfaat dan salah satunya bisa mengatasi penyakit rematik Anda. Cara pengobatan dengan kulit manggis dengan cara kulit manggis diiris kecil-kecil dan tipis, kemudian jemur di bawah terik sinar matahari. Campurkan kulit manggis tersebut ke dalam segelas air. Tunggu hingga warna air berubah, dan minumlah airnya.

Campuran jahe dan cengkeh

Campuran jahe dan cengkeh yang telah ditumbuk halus dapat digunakan untuk obat luar. Cukup oleskan ke area persendian yang terasa nyeri secara rutin setiap hari. Tentu akan mengurangi sedikit demi sedikit rasa sakit anda. Selain untuk obat luar, Anda juga bisa meminum jahe yang sudah direbus 2-3 kali setiap hari.

Temulawak

Selain khasiatnya untuk menambah nafsu makan, temulawak juga berkhasiat untuk mengatasi rematik. Cara pengobatan dengan cara 25-30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus, campurkan gula atau asam dan diminum 2-3 kal setiap hari

Lidah buaya

Cara pengobatan rematik dengan lidah buaya bisa dengan 10-15 gr lidah buaya kering / 90-100 gr direbus, diminum 2-3 kali setiap hari

Daun sendok

Pengobatan dengan cara mengambil 5 lembar daun sendok segar dan kapur sirih (1 sendok makan). Cara pemakaiannya dengan mencampurkan daun sendok segar dengan kapur, kemudian letakan diatas bagian yang sakit, (tebalnya sekitar 5 mm). Ganti ramuan tersebut tiap 1 hari 1 malam.

Daun kumis kucing

Pengobatannya dengan mengambil 4-5 lembar daun kumis kucing, 4-5 buah tanaman meniran, dan 3 gelas air.

Cara Pemakaian: Rebus semua bahan obat rematik diatas dalam 3 gelas air, hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, minum air ramuan rematik tersebut 3 kali sehari (masing-masing setengah gelas).

Bagi Anda yang ingin mengobati rematik secara praktis, Anda bisa mengkonsumsi kapsul samuratik, tea rheumatic plus, dan teh celup daun kelor.

Sumber gambar : http://images.idiva.com/media/photogallery/2014/Oct/ginger1_600x450.jpg