Pendidikan & Psikologi

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Anak

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab AnakSetiap orang berharap untuk bisa meningkatkan rasa tanggung jawab anak. Marilah kita melakukan hal yang sama. Hal ini adalah suatu yang penting untuk kebaikan di masa depan.

Maka marilah kita bantu anak-anak untuk menjadi bertanggung jawab dengan melakukan beberapa langkah berikut:

1.  Berilah tugas kepada anak anda apa yang mereka mampu. Dan tanyakanlah kepada mereka hasil apa yang ingin mereka raih dalam tugas itu. Hal ini akan mendorong mereka mencapai apa yang memang mereka inginkan sendiri tanpa paksaan.2.    berilah anak kebebasan dalam melakukan tugas itu. Hal ini akan memberikan kepada anak kesempatan mempelajari dunia nyata. Jika anak anda belajar tentang kehidupan sekarang ketika masih berumur 6 tahun, maka hal itu merupakan langkah tepat dari pada mengajari mereka tatkala sudah berusia 16 tahun.

3.    didiklah mereka dengan empati dan konsekuen. Pergunakanlah empati terlebih dahulu sebelum mengajari mereka konsekuensi-konsekuensi. Mereka tidak akan bisa mempelajari bagaimana kesalahan mereka buruk bagi mereka jika orang tua marah. Menunjukkan rasa  empati atau rasa duka cita akan membantu anak berpikir lebih tentang pilihan hidup mereka dan keputusan-keputusan.

4.    berilah tugas yang sama kepada anak anda lagi. Hal ini akan membantunya melihat bagaimana orang belajar dari kesalahan mereka.

5.    dalam melakukan hal tersebut semua, pastikan anda tetap dalam kondisi mengayomi mereka dan jangan sekali-kali menggunakan kekerasan dalam berinteraksi dengan mereka.

Sumber Gambar : http://stipy.iplsc.com/art/w658/9625_big.jpg

BACA JUGA:  Cara Bijak Memarahi Anak