Keputihan, Kesehatan Wanita

Mengenali Perbedaan Keputihan Normal Dan Abnormal

Keputihan adalah kondisi yang umum terjadi pada semua kaum wanita. Keputihan yaitu keluarnya cairan pada organ intim wanita yang berfungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita, menghambat terjadinya infeksi khususnya setelah wanita mengalami menstruasi. Karena itulah mengapa keluarnya cairan organ intim wanita akan cenderung lebih banyak di hari-hari pasca menstruasi.

Namun, bagi sebagian besar kaum wanita masalah keputihan sering menimbulkan kekhawatiran apalagi jika keluarnya cairan keputihan terlalu banyak. Selain itu, keputihan juga menjadikan wanita merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri terutama bagi kaum wanita yang telah menikah.

Perbedaan Keputihan Normal Dan Abnormal

Keputihan bisa digolongkan menjadi dua jenis keputihan yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal yang perlu diwaspadai dan membutuhkan perawatan dokter. Berikut ini adalah perbedaannya yang perlu Anda ketahui.

Keputihan Normal

Keputihan normal atau biasa disebut dengan keputihan fisiologis adalah jenis keputihan yang tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan ini biasa terjadi pada wanita dewasa memasuki masa subur yaitu sebelum maupun sesudah menstruasi maupun ketika mendapatkan rangsangan seksual.

Ciri-Ciri Keputihan Normal :

  1. Cairan encer
  2. Cairan tidak lengket
  3. Warna cairan bening atau transparan
  4. Tidak berbau
  5. Tidak menyebabkan rasa gatal
  6. Jumlah cairan yang keluar sedikit

Keputihan Abnormal

Keputihan abnormal atau biasa disebut juga dengan keputihan patologis merupakan jenis keputihan yang perlu diwaspadai. Beberapa keputihan jenis ini adalah sinyal atau pertanda adanya penyakit di organ intim wanita atau daerah rahim.

Ciri-Ciri Keputihan Abnormal :

  1. Cairan kental
  2. Cairan terkadang lengket
  3. Biasanya berwarna putih susu, kehijauan, kuning atau keabu-abuan
  4. Menimbulkan bau yang tidak sedap
  5. Menyebabkan rasa gatal
  6. Jumlah cairan cenderung banyak dan akan meninggalkan bercak di pakaian dalam
BACA JUGA:  Merapatkan Miss V dengan Herbal Alami

Jika Anda mengalami ciri-ciri dari jenis keputihan abnormal, maka segeralah periksa ke dokter maupun ahli kesehatan untuk mendapatkan perawatan secara tepat. Jagalah selalu kebersihan organ intim wanita Anda agar terhindar dari masalah keputihan.