Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Bahaya Toxoplasma Pada Ibu hamil Dan Janin

Bahaya Toxoplasma untuk Ibu hamil Dan JaninToxoplasma adalah penyakit yang berasal atau disebabkan dari organisme yang berasal dari sel bernama Toxoplasma gondii. Penyebaran penyakit ini bisa terjadi melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi atau bisa juga ditularkan oleh hewan ke manusia. Parasit Toxoplasma ini sering dijumpai pada kotoran kucing dan bisa juga menempel dimana saja kemudian menular ke manusia.

Penyakit Toxoplasma tidak hanya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, parasit ini juga diduga dapat meningkatkan resiko kanker otak pada orang atau siapa saja yang tertular. Bagi ibu hamil, tingkat bahaya penyakit Toxoplasma ini tergantung mulai kapan infeksi Toxoplasma ini terjadi pada masa kehamilan. Penularan penyakit Toxoplasma pada janin yang ada dalam kandungan paling tinggi pada trimester ke tiga yaitu sekitar 60 %. Dan untuk trimester pertama dan kedua tingkat resiko penularannya sekitar 15% sampai 30%.

Infeksi Toxoplasma ini dapat terjadi pada manusia, misalnya saja karena mereka mengkonsumsi daging mentah atau daging setengah matang yang mengandung parasit atau terkontaminasi oleh kotoran kucing maupun burung, mengkonsumsi susu kambing mentah. Selain itu penyebaran infeksi Toxoplasma juga bisa disebabkan oleh serangga, lalat atau kecoa yang terkontaminasi oleh kotoran kucing kemudian melalui makanan atau air tertelan oleh manusia.

Bahaya Toxoplasma Pada Ibu hamil Dan Janin

Lalu apa bahaya infeksi Toxoplasma bagi ibu hamil dan janin? Berikut ini adalah bahayanya yang perlu Anda perhatikan :

  1. Ibu hamil akan mengalami keguguran.
  2. Terjadi kelahiran dini sebelum usia 9 bulan.
  3. Janin atau bayi akan mengalami gangguan penglihatan bahkan hingga kebutaan.
  4. Bayi akan mengalami gangguan pendengaran.
  5. Mengalami gangguan sistematik seperti demam, pucat, pembesaran hati atau linpa dan juga pendarahan.
  6. Bayi akan mengalami gangguan bada bagian syaraf dan bisa mengakibatkan keterlambatan dan perkembangan mental serta bicaranya.
  7. Bayi akan mengalami Encephalus atau tidak mempunyai tulang tengkorak.
  8. Mengalami Hydrocephalus atau pembesaran pada kepala bayi yang berisi cairan.

Namun, bagi Anda yang menderita penyakit Toxoplasma tidak perlu cemas karena penyakit ini bisa diobati pengan cara melakukan pemeriksaan dan pengobatan sejak dini sehingga penularan penyakit ini pada janin dalam kandungan bisa ditekan seminimal mungkin. Pengobatan sejak dini pada awal masa kehamilan dapat menurunkan secara signifikan kemungkinan janin dalam kandungan terinfeksi Toxoplasma.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://sanatate.bzi.ro/public/upload/photos/2/nastere_prematura_1.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu HamilĀ adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....