Bayi & Anak, Parenting, Tumbuh Kembang Anak

5 Jurus Mengatasi Sikecil Yang Tidak Nafsu Makan

Menghadapi sikecil yang susah makan itu bukan hal yang mudah, banyak orang tua yang frustasi karena takut anaknya kekurangan nutrisi akibat tidak punya nafsu makan. Namun sebenarnya kita tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips untuk menghadapi sikecil yang susah makan.

Hal-Hal Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Sikecil

1. Tetap Sabar

Ada fase tertentu dimana anak tidak mau makan sama sekali. Hal itu bisa disebabkan karena tidak suka dengan menu yang kita hidangkan, perut tidak nyaman atau mungkin sedang mengalami pertumbuhan gigi. Disinilah kita harus tetap bersabar tapi tetap  telaten.

2. Jangan Memaksa Jika sikecil 

Kapasitas perut sikecil  berbeda dengan orang dewasa ,berikan porsi yang semestinya, jangan terlalu banyak .Biasanya anak kecil baru mau makan ketika dia merasa lapar, jadi hendaknya kita jangan terlalu memaksakan sikecil untuk makan.

3. Libatkan Sikecil Dalam Mempersiapkan Makanan

Salah satu cara mengatasi mengatasi sikecil yang susah makan yaitudengan melibatkan sikecil dalam menyiapkan makanan.Hal ini  akan lebih memberikan semangat sikecil untuk makan makanan yang sudah ia buat

4. Batasi Pemberian Minum

Terlalu banyak minum susu atau jus akan membuat perut sikecil terasa kenyang.oleh karenanya Sebaiknya batasi pemberian susu dan jus mendekati jam makan

5. Konsultasi Kepada yang Lebih Ahli

Apabila Si Kecil menunjukkan gejala-gejala seperti kelelahan, pencernaannya bermasalah, atau berat badannya menurun drastis, maka segeralah konsultasi  kepada dokter atau ahli nutrisi agar bisa mendapatkan solusi.

BACA JUGA:  Penyebab Kelainan Kongenital Pada Bayi Baru Lahir