Kesehatan

Manfaat Spirulina Bagi Anak-Anak Dan Dewasa

Share Yuk!

manfaat spirulinaSpirulina adalah cyanobacterium (ganggang biru-hijau) yang tumbuh di air dan begitu bermanfaaat. Ganggang ini kaya akan protein dan nutrisi, dan telah digunakan sebagai sumber makanan di Afrika selama berabad-abad. Hari ini, bubuk spirulina dan kapsul adalah suplemen nutrisi yang sangat populer dan, sifat antioksidan yang kaya dan manfaatnya tidak hanya bisa digunakan oleh manusia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa makanan ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan, kesuburan, estetika, dan kualitas gizi hewan ternak. Namun, secara umum inilah manfaat spirulina bagi kesehatan anak Anda.

Spirulina memiliki struktur sel yang sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik.  Untuk itu, tumbuhan ini termasuk dalam ganggang hijau biru dan merupakan monera.  Ukurannya mikroskopis, umumnya banyak terdapat di perairan tanah yang lembab, dan permukaan dinding tembok, pot, batu karang yang lembab. Ganggang ini kaya akan protein dan nutrisi dan telah digunakan sebagai sumber makanan di Afrika selama berabad-abad.

Spirulina mengandung nutrisi lengkap bahkan kaya beraneka vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tumbuhan ini juga termasuk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12. Manfaat spirulina bagi anak-anak dan dewasa sangat banyak, berikut kami informasikan beberapa khasiatnya.

Manfaat spirulina bagi anak-anak antara lain:

  1. Asam amino pada spirulina bisa membantu perkembangan otak secara normal dan memperkuat otot anak.
  2. Kalsium dan magnesium yang juga dihadirkan spirulina berperan membantu tulang dan gigi tetap kuat.
  3. Kandungan beta karoten, vitamin A,C,E dan selenium mampu mencegah infeksi virus dan bakteri pada anak
  4. Menghapus radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh terlindung dari infeksi

Manfaat spirulina untuk anak bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti spirulina kid’s honey plus propolis, spirulina kid’s honey plus gamat dan klorofil.

BACA JUGA:  Obat Tradisional Untuk Batuk Berdahak Pada Anak

Manfaat spirulina untuk orang dewasa antara lain:

  • Meningkatkan imunitasPenelitian terbaru membuktikan ganggang ini mampu berperan sebagai stimulan penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh.  Sel-sel seperti antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), ditingkatkan produksinya melalui Spirulina.  Bahkan sel lainnya yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi serta penyakit kronis, misalnya kanker.
  • Sebagai suplemen proteinAsam amino sebanyak 62% dalam Spirulina memiliki banyak protein dan nutrisi lain.  Secara tradisional ganggang ini digunakan sebagai suplemen alami bagi orang yang tak mampu mendapat kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet.
  • Mengatasi anemiaSel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin bisa distabilkan dengan Spirulina.  Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa Spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Ini membuktikan tingginya zat besi yang terkandung.
  • Mengatasi alergiSpirulina pun mampu melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.
  • Mengatasi penyakit yang berhubungan dengna antibiotikWalau menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik pun bisa membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare.
  • Mengatasi infeksiSpirulina memiliki keunggulan bisa menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV.
  • Mengurangi resiko kankerSpirulina berfungsi menunjang fungsi kardiovaskuler dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi resiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Mengurangi efek kemoterapiBagi yang menjalani kemoterapi, tentu merasakan efek seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering ataupun cemas.  Hal tersebut bisa dikurangi dengan Spirulina.
BACA JUGA:  Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

Spirulina bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti spirulina kid’s honey, spirulina

Sumber gambar :http://3.bp.blogspot.com/-aamC0W2sETQ/VDzMziv8FOI/AAAAAAAAL4U/C6D6RiEM4H4/s1600/90a99a9308d64b100e0e7237b4f5f8d7.jpg
Share Yuk!