Kesehatan

Manfaat Buah Duwet Untuk Kesehatan Tubuh

buah duwetBuah duwet atau disebut juga dengan buah jamblang mempunyai banyak varietas dari yang kecil hingga ukuran yang lumayan besar. Duwet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terkait dengan aktivitas antioksidannya yang tinggi yang disebabkan warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya duwet dikonsumsi dalam keadaan sudah masak dan segar. Kalau kurang segarpun, aktivitas antioksidannya sudah jauh berkurang. Selain kaya zat antioksidan, serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam duwet.

Apa saja manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi buah duwet? Berikut ini kami informasikan manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh seperti:

Mencegah kelebihan kolesterol jahat di dalam tubuh

Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Buah duwet mengandung alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.

Menyembuhkan luka diabetes

Selain mencegah kelebihan kolesterol, duwet juga ampuh sebagai obat diabetes. Biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit.

Untuk mengatasi diabetes, 15 butir biji duwet ditumbuk halus dan direbus. Rebusan itu dibagi jadi tiga bagian untuk satu hari. Ulangi setiap hari sampai badan terasa segar. Kulit pohon duwet bisa digunakan pula untuk diabetes. Sebanyak 250 gram kulit duwet basah dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga jadi dua gelas. Saring airnya lalu diminum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari

BACA JUGA:  Hindari Teh Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

Batuk kronis dan asmabuah jamblang

1. Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari

2. Sediakan buah jamblang kering (15g). Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Sebaiknya lakukan tiga kali sehari.

Mengobati diare

Untuk mengobati diare bisa dengan menggunakan kulit dahan kering sekitar 1 jari, direbus dengan 2 gelas air mendidih sampai menjadi 1 gelas, airnya disaring dan langsung minum.

Sariawan

Rebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Mengobati ngompol

Tujuh butir biji duwet digiling sampai halus, lalu direbus dengan 2 cangkir air bersama gula jawa, sampai airnya tinggal separuhnya. Minum setiap hari 1 cangkir sekitar jam 5 sore sampai sembuh.

sumber gambar:
1. http://cp.jurnalhajiumroh.com/uploads/radhite/image/jamblang%20buah.jpg
2. http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/42814195.jpg