Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Manfaat Vitamin Bagi Ibu Hamil dan Sang Jabang Bayi

Bagi wanita, kehamilan merupakan salah satu momen penting dan krusial dalam kehidupan mereka. Untuk menjaga agar janin dalam kandungan tetap sehat dan berkembang dengan baik, Anda perlu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat vitamin bagi ibu hamil sangatlah banyak seperti meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pembentukan otak janin, dan lebih banyak lagi. Mengonsumsi sumber vitamin adalah salah satunya. Lantas, apa saja vitamin yang perlu Anda peroleh? Berikut penjelasannya.

1. Vitamin A

sangat dibutuhkan bagi ibu hamil yang baru memasuki trimester awal. Vitamin ini berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kondisi Anda serta sang jabang bayi dalam kandungan terus terjaga kesehatannya. Anda dapat mengonsumsi sumber vitamin A dari hati ayam, susu, serta sayuran hijau dan oranye.

2. Vitamin B

mempunyai banyak jenis yang memiliki banyak manfaat untuk Anda yang sedang mengandung. Di antaranya vitamin B1 yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, hati, serta gandum untuk mengurangi morning sickness, memperlancar sistem pencernaan, hingga produksi ASI. Vitamin B2 dari susu, keju, jamur, telur hingga sayuran hijau dapat melakukan memecah sari makanan untuk perkembangan janin. Kemudian ada vitamin B3 yang harus Anda konsumsi sebanyak 18 gram untuk membantu pembentukan sel otak sang jabang bayi dan bisa didapatkan pada susu, kacang tanah, sayuran hijau, serta gandum.

Sedangkan Vitamin B5 dibutuhkan untuk menjaga kualitas sel darah merah. Jumlah yang harus Anda konsumsi sekitar 5 gram dan dapat diperoleh dari alpukat, ayam, sarden, serta semangka. Vitamin B6, seperti B1, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat diambil dari kacang kedelai serta ikan. Terakhir, vitamin B12 dalam rumput laut, daging sapi, serta telur untuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pusat sang jabang bayi.

BACA JUGA:  Ketahui Bahaya Bayi Jatuh Dari Tempat Tidur

3. Vitamin C

sangat dibutuhkan oleh Anda dalam proses pembentukan serta penyerapan zat besi di dalam usus. Zat besi sangat diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan dapat mencegah Anda dari anemia. Vitamin ini dapat diperoleh dari buah seperti jeruk atau jambu biji.

4. Vitamin D

bermanfaat bagi Anda untuk menurunkan peluang diabetes serta tekanan darah tinggi. Untuk janin, vitamin D berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah kesulitan bernapas. Anda dapat memperolehnya langsung dari sinar matahari pagi.

5. Vitamin E

dapat menjadi sumber asam lemak yang amat diperlukan oleh janin. Selain itu, mutu dari sel kulit pada tubuh Anda pun akan terjaga meski telah melar karena kandungan. Sumber vitamin E dapat diperoleh dari gandum.

6. Vitamin K

memiliki manfaat yang sama dengan vitamin E sebagai sumber asam lemak bagi janin. Dengan konsumsi sayura hijau, suplai sel darah merah Anda pun akan terus terjaga dengan baik.

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu penyubur kandungan merupakan madu dengan racikan herbal yang secara khusus di produksi untuk kesuburan ....