Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

3 Jenis Kacang-Kacangan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

kacang-kacanganMakanan yang dikonsumsi ibu hamil harus lebih ditingkatkan lagi kandungan nutrisinya, karena nutrisi yang diperlukan ibu hamil lebih banyak dibandingkan dengan lainnya. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menunjang proses kesehatan ibu hamil serta tumbuh kembang janin yang dikandungnya. Komposisi nutrisi yang tepat akan mendukung pertumbuhan janin yang sempurna.

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Kandungan nutrisi yang dimiliki kacang sangat baik untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. 3 jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil seperti:

1. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti serat, asam folat, kalsium, fosfor, lemak, vitamin B1 & B2, protein, dan karbohidrat. Kandungan serat yang ada di dalam kacang hijau bisa membantu melancarkan proses pencernaan dan memelihara kesehatan saluran cerna. Asam folat sangat baik untuk membantu perkembangan sistem saraf pada janin, mencegah agar tidak terjadi kececatan pada bayi lahir seperti kelainan jantung, bibir sumbing, spina bifida, dan kecacatan lainnya.

Kalsium dan fosfor akan berguna untuk pertumbuhan tulang pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya serta sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi. Jika konsumsi kalsium dan fosfor tidak tercukupi, maka bayi akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh ibu hamil. Protein dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Karbohidrat kompleks akan memberikan energi, dan tidak mudah lelah saat hamil.

Vitamin B1 dan B2 yang terdapat dalam kacang hijau bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin B1 & B2 dapat mengakibatkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi (sembelit).

2. Kacang merah

Kacang merah adalah salah jenis kacang-kacangan yang juga mengandung gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti asam folat, serat, kalsium, karbohidrat kompleks, dan protein yang tergolong tinggi.

Manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi kacang merah diantaranya:

  • Memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol
  • Kandungan karbohidrat kompleksnya bisa mencegah resiko diabetes
  • Membantu pematangan sel darah merah yang banyak diproduksi saat hamil
  • Kandungan Omega-3 dan Omega-6 dapat membantu perkembangan otak bayi

3. Kacang kedelaikacang-kacangan untuk ibu hamil

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang lebih banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang kedelai biasanya dikonsumsi dalam bentuk tempe, tahu atau susu kedelai. Kandungan nutrisi yang dimiliki kacang ini juga termasuk beragam, seperti

  • Hidrat arang kompleks sebagai sumber energi
  • Protein yang mengandung asam amino esensial
  • Kandungan kalsium untuk pertumbuhan tulang
  • Isoflavon yang mempunyai efek estrogen untuk mendapatkan tulang yang padat dan mencegah menopause

3 jenis kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil seperti di atas bisa menjadi sumber makanan yang bisa Anda konsumsi rutin setiap hari. Sumber kacang-kacangan menjadi salah satu sumber makanan yang bisa memperbanyak nilai gizi. Asupan nutrisi yang terpenuhi pada ibu hamil dapat mempengaruhi janin dalam kandungan. Selamat menikmati manfaat kacang-kacangan saat hamil!

sumber gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-ShzXgVQ3dZw/Ta0R58OqAaI/AAAAAAAAADo/a5Jkmy-gAZY/s320/blog.jpg
2. https://lh4.googleusercontent.com/-WfvXhpyv-HY/TzU_9e8h1uI/AAAAAAAAAKI/PVYhXYB30zM/w800-h800/beans.jpg