Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Makanan Sumber Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Share Yuk!

Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi yang cukup selama masa kehamilan demi perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Dengan mendapatkan asupan zat besi yang cukup selama masa kehamilan juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Makanan yang banyak mengandung zat besi sebenarnya mudah untuk diperoleh dipasaran dan juga mudah diolah. Akan tetapi sumber zat besi dari makanan sehat tersebut cenderung tidak mudah terserap oleh tubuh.

Makanan Sehat Sumber Zat Besi Tinggi

Makanan sumber zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh. Ibu hamil juga merupakan orang yang harus memenuhi kebutuhan zat besi dengan baik. Selain mengkonsumsi makanan kaya zat besi dengan cukup, untuk mempermudah penyerapan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, pepaya dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja jenis makanan sumber zat besi yang mudah diperoleh dan baik dikonsumsi ibu hamil? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi dan baik bagi kesehatan ibu hamil. Dalam 100 gram bayam mengandung 6,43 miligram zat besi. Selain itu, dalam sayuran bayam juga mengandung kalsium, vitamin A dan potasium yang bisa memperkuat otot.

2. Daging Merah

Dalam setiap 3 ons daging merah atau 85 gram daging merah mengandung 5,24 miligram zat besi. Mengkonsumsi 100 gram daging merah setiap hari bisa memenuhi 27% kebutuhan energi harian. Selain itu, daging merah juga kaya akan protein sehingga baik untuk memulihkan kondisi tubuh ibu hamil setelah melakukan olahraga.

BACA JUGA:  Senam Ibu Hamil

3. Kacang Hijau

Dari semua jenis kacang-kacangan, kacang hijau adalah salah satu jenis kacang yang banyak mengandung zat besi tinggi. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 26,15 miligram zat besi. Kacang hijau juga kaya akan serat dan vitamin A sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Nasi Putih

Nasi putih adalah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia dan memiliki kandungan zat besi baik. Setiap 100 gram nasi putih mengandung 7,97 miligram zat besi. Alangkah lebih baik jika mengkonsumsi nasi putih bersama dengan sayur bayam sehingga zat besinya akan semakin tinggi.

5. Tiram

Dalam 80 gram tiram mengandung 5,91 miligram zat besi. Tiram juga kaya akan kalsium serta afrodisiak alami sehingga baik bagi kesehatan ibu hamil.

6. Tomat

100 gram buah tomat mengandung 3,39 miligram zat besi. Mengkonsumsi buah tomat juga bisa mencegah penuaan kulit dengan banyaknya kandungan antioksidan didalamnya. Tomat bisa dikonsumsi oleh ibu hamil secara langsung atau dibuat menjadi jus tomat.

7. Kentang

Satu buah kentang kecil mengandung 2,7 miligram zat besi. Kentang adalah sumber terbaik untuk pembentukan zat besi di dalam darah. Namun, alangkah baiknya mengkonsumsi kentang dengan cara dikukus maupun dibakar. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi kentang goreng karena ada tambahan minyak yang mengandung lemak.

Pilihlah salah satu makanan sumber zat besi diatas yang paling Anda sukai untuk memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil. Semoga dengan tercukupinya kebutuhan zat besi ibu hamil, maka perkembangan janin dalam kandungan juga akan semakin baik.

sumber gambar : http://viavia1indonesia.com/uploads/2013/09/urlu.jpeg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....