Kehamilan & Kelahiran

Kandungan Nutrisi Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

buah manggisBuah manggis adalah buah khas asal negara tropis yang tumbuh secara merata di seluruh wilayah nusantara. Buah manggis umumnya berwarna merah keunguan ketika sudah matang dan dikenal dengan khasiatnya yang dapat membantu menghancurkan semua penyakit di dalam tubuh, memperbaiki sistem antibodi di dalam tubuh serta meregenerasi sel. Selain itu, khasiat kulit manggis juga dapat dikatakan sebagai zat antikanker sehingga dapat membunuh sel-sel kanker dalam tubuh dan memiliki sifat antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Begitu banyaknya manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi wanita hamil yang umumnya akan memerlukan banyak nutrisi baik bagi ibu dan janin yang sedang dikandungnya, maka sangat baik untuk mengkonsumsi buah manggis. Dengan mengkonsumsi buah manggis kebutuhan nutrisi ibu hamil akan bisa terpenuhi, sehingga tubuh tetap dalam kondisi sehat dan segar. Kandungan nutrisi buah manggis untuk ibu hamil diantaranya:

Zat Asam Folat

Buah manggis yang juga memiliki kandungan zat folat ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah cacat lahir pada janin. Hal ini dikarenakan dalam setiap 1 cangkir buah manggis akan menghasilkan folat sebanyak 61 mcg. Sementara anjuran bagi ibu hamil, setiap harinya harusnya mengkonsumsi folat sebanyak 400 mcg. Adapun zat folat akan mengurangi resiko cacat lahir atau kelainan pada janin, khususnya pada bagian tulang belakang, bibir sumbing, cacat jantung dan kelainan lainnya.

Zat Mangan

Pada buah manggis juga bisa ditemukan zat mangan yang berguna untuk membentuk sistem kerangka tulang rawan pada pertumbuhan janin. Zat mangan juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu melindungi ibu hamil dan bayi dari kerusakan sel. Dalam satu cangkir buah manggis akan ditemukan sekitar 0,2 mg zat mangan.

Vitamin C

kapsul extract kulit manggisVitamin C yang juga terdapat pada buah manggis akan bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan untuk mengurangi resiko terkena infeksi yang dapat membahayakan janin. Manfaat vitamin c lainnya bagi ibu hamil adalah menjaga reproduksi kolagen, yaitu senyawa yang membantu kulit menjadi elastis sehingga kulit ibu hamil tetap sehat saat merenggang seiring dengan pertumbuhan janin.

Manfaat kulit manggis juga bisa dengan mudah Anda dapatkan dari produk herbal yang berbahan dasar kulit manggis seperti Kapsul Extract Kulit Manggis, Teh Celup Kulit Manggis, dan Sirup Manggis Maosteen. Dengan keberadaan buah manggis yang kaya akan nutrisinya, sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi perlu diketahui, bahwa bagi seorang ibu hamil ketika akan mengkonsumsi buah manggis alangkah lebih baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter sebelum menjadikan buah manggis sebagai bahan konsumsi.

Sumber gambar :
1. http://glamdring.baac.or.th/Upload/ContentPic/1390796433_mango.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-eencsF_CbuM/UFvYV0IP6DI/AAAAAAAAABU/lGxyvGdkYIA/s1600/kapsul-kulit-manggis.jpg