Kesehatan

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

membuat jus kulit manggisJus kulit buah manggis saat ini sering menjadi perbincangan terkait dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya tersebut diantaranya adalah menghambat proses penuaan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan juga dapat mengobati penyakit kanker. Karena begitu besar manfaatnya, maka tentu diantara Anda banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat jus kulit manggis yang baik dan benar, serta citarasanya cukup nikmat.

Nah, agar jus kulit manggis hasil buatan sendiri terasa nikmat, Anda harus tahu betul langkah-langkahnya. Berikut akan kami informasikan Cara Membuat Jus Kulit Manggis dengan cara yang mudah dan juga murah.

1. Ambil bagian dalam kulit manggis kemudian diblender

Cara pertama pembuatan jus kulit manggis dapat dilakukan dengan cara mengambil bagian dalam kulit manggis dengan sendok, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut terambil, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit, kemudian diblender.

Untuk mengurangi rasa pahit dan sepat, maka Anda bisa menambahkan madu atau gula merah secukupnya. Saat memblender Anda bisa menyesuaikan air dengan banyaknya kulit manggis. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai, maka akan semakin pekat warnanya dan rasanya juga akan semakin sepat.

2. Menggunakan air rebusan kulit manggis

Bila Anda merasa tidak tahan dengan rasa jus kulit manggis yang terlalu sepat dan pahit, maka sebagai alternatif Anda bisa merebus kulit manggis terlebih dahulu, kemudian gunakan air rebusan untuk menjadi bahan jus. Dalam hal ini Anda bisa mengambil 3-5 kulit manggis, kemudian rebus. Banyaknya air yang digunakan bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Rebuslah kulit manggis hingga airnya mendidih dan agak berkurang. Air rebusan kulit manggis bisa digunakan sebagai air untuk membuat aneka jus buah. Air rebusan kulit manggis juga bisa langsung diminum dan dalam hal ini Anda bisa menambahkan madu atau gula aren untuk mengurangi rasa sepat.

BACA JUGA:  Waspada Penyakit Demam Berdarah Saat Musim Hujan

3. Membuat jus kulit manggis yang sudah dikeringkan

sirup manggis maosteenCara membuat jus kulit manggis yang sudah kering bisa dapat dilakukan dengan mencuci terlebih dahulu kulit manggis yang sudah kering tersebut, kemudian direbus. Air rebusan dapat langsung diminum, atau dapat juga dijadikan sebagai air untuk membuat jus seperti cara yang sudah dijelaskan pada bagian kedua diatas.

Perlu Anda ingat bahwa dalam mengkonsumsi buah manggis terutama bagian kulitnya harus sesuai aturan. Perlu diketahui, dalam kulit buah manggis terkandung kadar resin, serat kasar, tannin, serta komponen lainnya yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh pada kadar tinggi, selain itu Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit manggis dalam keadaan perut yang masih kosong. Jika baru pertama kali Anda meminum jus kulit buah manggis mungkin akan merasa mual dan tidak enak. Tapi jika hal itu sudah rutin dilakukan, Anda akan terbiasa dan perut Anda bisa menerimanya. Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

Jangan pernah mencoba untuk meminum jus kulit buah manggis secara berlebihan karena rasanya yang enak setelah dicampur dengan berbagai variasi lainnya. Hal ini akan berbahaya bagi tubuh serta dapat menyebabkan pusing, mual, dan muntah yang berkepanjangan. Untuk itu diharapakan Anda dapat meminumnya secara konsisten dan berkala sehingga khasiat jus kulit buah manggis bisa dirasakan

Demikian cara membuat jus kulit manggis, sekarang Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Atau bagi Anda yang ingin praktis, sekarang Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk herbal yang berbahan dasar kulit manggis seperti sirup manggis maosteen atau teh celup kulit buah manggis.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-vdZQTnxJooI/UmYl0XWAhQI/AAAAAAAABKc/J0-vxgjFE1Y/s1600/Membuat+Jus+Kulit+Manggis.jpg
2. http://usermedia.viva.co.id/commerce/T/e4c465a9e5aad22dd7b0b087a01e71ce/c4f751c273b6586f853d983160305676/pict_1_thumb_290x296.jpg