Jangan Sepelekan Biang Keringat Pada Anak

jangan-sepelekan-biang-keringat-pada-anak

Biang keringat biasanya terjadi pada bayi atau anak – anak. Biang keringat biasanya muncul pada bagian yang terlipat dan banyak keringat, seperti ketiak, lipatan paha serta siku. Gangguan ringan ini terjadi karena kulit bayi masih dalam proses perkembangan dan penyempurnaan, sehingga proses penyerapan dan pengeluaran keringat belum berjalan dengan baik. Akibatnya, bayi sering mengalami keringat yang berlebih.

Penyebabnya adalah tersumbatnya kelenjar keringat sehingga keringat ‘terperangkap’ di bawah kulit. Mengapa saluran kelenjar keringat ‘tersumbat’? Ada beberapa faktor pemicunya. Di antaranya adalah udara panas. Kondisi akan semakin menjadi-jadi jika si kecil mengenakan pakaian yang tebal atau tidak menyerap keringat.

Kondisi tersebut tentu saja dapat membuat bayi menjadi tak nyaman, karena dapat menimbulkan rasa gatal dan kulit terasa panas. Oleh karena itu salah satu cara adalah dengan melakukan pencegahan..

Cara mencegah biang keringat pada bayi

  • Hindarkan dari menggaruk badan atau kulit yang sudah terkena biang keringat,
  • Kamar harus sejuk dengan ventilasi yang baik
  • Kenakan baju tipis katun,
  • Mandi air dingin tanpa sabun yang membuat kulit kering
  • Serta hindari pemakaian krim kulit atau bedak (pori-pori akan tertutup).

Umumnya, hal tersebut akan sembuh dengan sendirinya dan anak tidak perlu ke dokter. Bawa ke dokter kalau biang keringat si kecil semakin parah (meluas areanya), dan sudah terjadi lebih dari 3-4 hari.

Leave a Comment