Cara Seru Mengenalkan Budaya Pada Anak

cara-seru-mengajarkan-budaya-pada-anakMengenalkan budaya pada anak harus di mulai sejak dini. Selain agar sang anak lebih mengetahui keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, juga supaya anak dapat mengerti bagaimana perjuangan, kemenangan dan sejarah dari berbagai suku. Namun bukan hanya dengan cara membaca saja kita dapat mengenalkan budaya pada anak kita. Berikut ini ada beberapa cara seru dalam mengenalkan budaya pada anak.

1. Melakukan Perjalanan

Anak – anak sangat suka berkunjung ke tempat yang baru. Oleh karena itu anda bisa merencanakan perjalanan dengan anak anda dengan mengunjungi beberapa daerah yang masih kental dengan budaya dan adat istiadatnya. Sang anak akan lebih tertarik jika ia belajar langsung dari tempatnya.

2. Mengunjungi Pameran

Biasanya akan di adakan pameran kebudayaan ataupun kerajinan yang ada di Indonesia. Anda bisa mengajak anak anda untuk mengunjungi beberapa pameran yang mengandung unsur budaya. Mengunjungi pameran memiliki keuntungan yaitu menjadi lebih menyingkat waktu. Karena biasanya dalam pameran akan ada berbagai macam kebudayaan yang di tampilkan.

3. Mendengarkan Lagu Daerah

Putarkan lagu anak – anak yang berasal dari berbagai macam daerah. Anda juga bisa memutarkan video anak – anak menyanyi lagu – lagu daerah. Karena lagu – lagu daerah menggunakan bahasa daerahnya masing – masing hal tersebut membuat anak bisa sedikit mempelajari bahasa daerah yang ada di Indonesia. Selain itu anda juga bisa mengenalkan alat musik tradisional yang mengiringi dalam menyanyikan lagu tersebut.

4. Pergi ke Museum

Di museum biasanya menyimpan berbagai macam peristiwa sejarah pada zaman dahulu. Ajak sang anak mengunjungi museum yang menceritakan bangsa Indonesia ini. Bagaimana dulunya di jajah, merebut kemerdekaan, beberapa daerah yang masih tinggal di pedalaman, berbagai suku yang ada di Indonesia.

5. Melihat Pertunjukan Seni

Anda bisa mengajak anak anda melihat pertunjukkan seni, baik seni tari, seni musik, seni lukis, dan seni patung. Misalnya saja anda mengajak anak anda menonton pertunjukkan tari tradisional dari jawa, selain anda memperlihatkan pertunjukkan tari, anda juga mengenalkan musik tradisional yang di gunakan untuk mengiringi tarian dan pakaian adat yang digunakan dalam menari.

6. Mencicipi Aneka Makanan Dari Berbagai Daerah

Indonesia terkenal dengan beberapa makanan khas yang dimiliki oleh beberapa daerah. Anda juga bisa mengajak anak anda mencicipi beberapa makanan yang berasal dari beberapa daerah. Karena kini sudah banyak terdapat beberapa makanan daerah yang mulai di jual di perkotaan besar. Jadi tidak sulit lagi bukan mengajak anak anda mencicipi makanan khas tanpa harus berkunjung ke daerahnya.

7. Membaca Buku Cerita Daerah

Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita daerahnya masing – masing. Anda bisa membacakan cerita pada sang anak tentang apa saja yang ada di Indonesia.

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 315.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Rp 99.000 Beli
Sabun Susu Tazakka Perawatan Kulit Secara Alami

Sabun Susu Tazakka Perawatan Kulit Secara Alami

Sabun susu tazakka adalah sabun susu yang terbuat dari susu segar dan ramuan alami yang ....
Rp 10.000 Beli
Alpha Gel Collagen Atasi Masalah Kulit, Tulang, dan Rambut

Alpha Gel Collagen Atasi Masalah Kulit, Tulang, dan Rambut

Kolagen Solusi Halal & Alami Atasi Masalah Kulit, Tulang, dan Rambut Anda
Rated 5.00 out of 5
Rp 150.000 Beli

Komentar