Parenting

Hak Hak Anak Yang Sering Terlalaikan

Hak Hak Anak Yang Sering TerlalaikanTidak ada manusia yang sempurna. Bahkan orangtua pun, juga manusia biasa, tidak luput dari kesalahan. Yang terbaik adalah mereka yang mau memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan.

Anak-anak memiliki banyak hak, yang seringkali orangtua lupa, bahwa anak bukanlah kepemilikannya, namun anak adalah titipan. Maka dari itu seorang anak pun memiliki hak, sama seperti orangtua yang juga memiliki hak atas anak-anaknya.

Namun, agaknya, karena ada beberapa sifat “kepemilikan” orangtua terhadap anaknya, maka ada beberapa hak anak yang sering terlalaikan:

Dijawab bersinnya. Salah satu hak seorang muslim adalah ketika ia versin dan mengucapkan hamdalah, maka kita menjawabnya dengan doa. Begitu juga dengan anak-anak, mereka juga memiliki hak untuk dijawab bersinnya, dan diajari untuk mengucapkan hamdalah dan doa, serta menjawab bersin orang lain.

Dimintai ijinnya saat ingin mengambil sesuatu darinya. Menghargai perasaan-perasaan seorang anak adalah sesuatu yang sangat penting. Dalam hal kecil apapun. Misalnya, Anda ingin menawarkan mainan anak Anda kepada anak tamu Anda yang sedang berkunjung. Mintalah persetujuannya terlebih dahulu. Meski pada awalnya, anak akan menolak, namun jika Anda memberinya pengertian yang baik dan benar, maka esok-esok ia dengan senang hati meminjamkan mainannya pada sebayanya.

Dimintai pendapatnya pada permasalahan yang mereka pahami. Sah-sah saja jika Anda ingin meminta pendapat anak Anda tentang sesuatu yang akan Anda beli. Misalnya, komputer baru. Jika anak-anak sudah mengerti komputer, tidak mengapa Anda meminta pendapat mereka. Atau pada anak yang sudah besar, mereka bis dimintai pendapat tentang membeli rumah baru, atau rencana piknik keluarga.

Dijelaskan sebab mengapa mereka tidak mendapatkan haknya. Sesekali mungkin Anda pernah melarang anak Anda untuk makan sesuatu, atau pergi ke rumah temannya. Mereka tentu memiliki hak untuk tahu, mengapa Anda melarang mereka begini dan begitu, mengapa mereka tidak mendapatkan hak mereka. Penjelasan yang baik adalah salah satu hak mereka serta menjadi obat atas “luka” karena kecewa. Ketika Anda melarang mereka untuk pergi bermain, jelaskan alasannya dengan baik. Misalnya, Anda ingin menghabiskan waktu l iburan bersama dengan mereka. Atau jelaskan, bahwa sebentar lagi akan ada tamu yang ingin mengunjungi mereka.

BACA JUGA:  Pertumbuhan Anak Bulan Ke 13 Sampai Bulan Ke 16

Mendapatkan keadilan dalam kasih sayang. Tidak selayaknya orangtua memperlakukan anak-anaknya berbeda-beda. Masing-masing anak memiliki hak yang sama untuk dicintai, diakui, dan diberi perhatian. Sekali lagi, semua anak adalah emas.

Sumber Gambar : https://pbs.twimg.com/profile_images/428038969419255808/t8eTdkGo.png