Parenting

Hak-hak Anak Sebelum Dan Sesudah Kelahirannya

Hak-hak Anak Sebelum Dan Sesudah KelahirannyaAnak adalah amanah. Anak adalah permata hati orang tuanya. Anak adalah anugerah, namun sekaligus ujian. Anak adalah penyambung nyawa, penerus keturunan, dan pewaris harta kepemilikan.

Anak adalah milik Allah, dan hanya dititipkan pada orangtuanya. Maka sudah seyogyanya anak memiliki hak-hak yang harus ditunaikan (menjadi kewajiban orangtuanya) oleh orangtuanya. Apa sajakah itu?

Memiliki ibu yang shalihah dan cerdas. Seorang lelaki, haruslah memilih wanita yang shalihah dan cerdas untuk menjadi ibu bagi benihnya. Mengapa harus shalihah dan cerdas? Karena ibu yang shalihah akan mengajarkan anak-anaknya untuk tunduk dan takut pada Allah. Dan karena ibu yang cerdas tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik, serta tahu bagaimana membawa mereka kepada jalan yang benar.

Mendapatkan nutrisi yang cukup, seimbang, dan dari rizki yang halal. Hak anak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal di dalam rahim ibunya. Nutrisi ini tentunya harus berasal dari sesuatu yang halal, agar barakah hidupnya.

Diterima keadaannya saat lahir. Ada anak yang lahr dalam kondisi tidak cantik, tidak tampan, atau mungkin memiliki kekurangan. Sudah seharusnya orangtua menerima keadaan anak dalam kondisi apapun. Baik itu anak laki-laki maupun perempuan. Semua harus diterima dengan l apang, dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Mendapatkan ASI dari ibunya. Ada sebagian wanita yang tidak mau menyusui anaknya karena takut kecantikannya akan hilang dan pudar, atau karena payudaranya akan turun. Tapi, itu ukanlah sebuah langkah yang baik dan pantas dilakukan oleh seorang ibu. Sesibuk apapun ia, meski ia bekerja, ia tetap memiliki kewajiban untuk memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Mendapatkan pendidikan agama sejak dini. Agama adalah pokok utama yang harus ditanamkan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Jika agama anak bagus, maka akan baguslah seluruh kehidupannya. Itu telah Allah janjikan bagi kita semua.

BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Belajar Mengaji

Medapatkan perlakuan yang adil. Tidak selayaknya orangtua memperlakukan seorang anak dengan anak lainnya dengan tidak adil. Semua harus diupayakan agar adil sesuai dengan porsinya. Semuanya adalah anak emas.

Sumber Gambar : http://blog.life.com.tw/upload_file/13/content/600df7e8-5499-9608-2ba0-04fc26e7ada1.jpg