Kesehatan

Gejala Kanker Otak Dan Cara Pencegahannya

kanker otakPenyakit kanker otak merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa berpengaruh ke seluruh tubuh. Penyakit kanker otak dapat menyerang siapa saja baik mereka yang sudah dewasa maupun yang masih anak-anak. Memang sekarang perkembangan teknologi kedokteran yang semakin canggih akhirnya bisa membantu penyembuhan penyakit kanker otak. Namun tahukah Anda bahwa kasus penyakit kanker otak mencapai 5% dari seluruh kanker yang terjadi dan paling sering menyerang anak-anak dengan tingkat persentase 70%? Meskipun begitu, mereka yang berusia produktif yakni sekitar 20-40 tahun juga memiliki resiko tinggi untuk mengidap penyakit kanker otak.

Pada dasarnya kanker otak menyerang otak pada bagian luarnya yakni tiga bagian lapis selaput otak dan bagian tulang tengkorak. Kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker/tumor jinak. Namun jika bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat
merusak dan mengganggu fungsi struktur susunan saraf pusat yang terletak di dalam rongga tengkorak. Dengan berkembangnya tumor tersebut maka jaringan otak akan semakin tertekan. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Untuk bisa melakukan pencegahan sejak dini, berikut ini kami berikan beberapa gejala kanker otak dan cara pencegahannya yang perlu Anda ketahui.

  • Sakit kepala yang disertai dengan mual dan sering muntah
  • Kemampuan penglihatan semakin menurun
  • Perubahan perilaku atau penurunan kesadaran
  • Adanya gangguan pada saat berbicara
  • Adanya gangguan pada pendengaran
  • Gangguan keseimbangan tubuh
  • Gangguan pada saraf
  • Anggota gerak melemah atau kejang
  • Timbulnya ubun-ubun yang menonjol dan besar pada bayi

Apa saja penyebab kanker otak?

Faktor dari dalam

Maksudnya faktor yang datang dari dalam diri sendiri atau faktor dari keturunan. Apabila ada salah satu sanak saudara anda yang punya riwayat penderita kanker otak, maka kemungkinan juga anda juga bisa terkena penyakit kanker otak. Kemudian sebab terjadinya kanker otak juga dikarenakan benturan kepala yang pernah dialami si penderita, sehingga benturan ini menyebabkan perasaan trauma pada jaringan otak dan penyebab tumbuhnya jaringan abnormal pada otak yang kemudian berkembang menjadi kanker otak.

BACA JUGA:  Gejala Kanker Payudara Wajib Diketahui

Faktor dari luar

Faktor dari luar bisa berasal pengaruh obat-obatan tertentu yang sering diminum terus menerus, merokok, makanan yang berlemak, bahan karsiogenik seperti minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan serta paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker.

Cara mencegah kanker otak 

Menghindari penggunaan bahan kimia

Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil. Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kanker otak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak ke dokter.

Makan makanan anti kanker

Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kanker dalam sel-sel tubuh Anda.

Hindari rokok dan alkohol

Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol.  Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.

Penggunaan ponselKapsul Daun Sirsak

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit untuk menurunkan resiko kanker otak.

BACA JUGA:  Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat

Walaupun gejala-gejala diatas pernah Anda alami, belum tentu Anda terkena penyakit kanker otak. Alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri langsung pada dokter ahli saraf untuk memastikan apakah Anda betul-betul terkena penyakit kanker otak atau tidak. Semakin cepat diobati semakin besar harapan untuk sembuh. Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal yang berbahan dasar daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker otak secara alami hingga tuntas dan aman serta tanpa adanya efek samping.

Sumber gambar :
1. http://tradisionall.web.id/uploads/2013/04/tumor-otak.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/--hMR0MmYT8s/Tsy9UtdA3dI/AAAAAAAADtI/4hJLG0VTjnI/s1600/300570_117706021670431_100002931010280_112186_361549898_n.jpg