Kesehatan

Daun Sukun Obat Alami Berbagai Macam Penyakit

daun sukunTidak hanya buah sukun yang bisa dimannfaatkan untuk dijadikan makanan, ternyata daun sukun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Daun sukun bisa bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit karena mengandung beberapa zat seperti zat asetilcolin, tanin, riboflavin serta asam hidrosianat. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi daun sukun? Berikut kami informasikan manfaat daun sukun obat alami berbagai macam penyakit antara lain:

1. Menyehatkan ginjal

Daun sukun juga bisa dijadikan alternatif untuk menyembuhkan ginjal yang sakit. Konsumsi daun sukun secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Mengobati penyakit jantung

Daun sukun juga dapat mengobati penyakit jantung karena daun sukun sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Cara mendapatkan manfaat daun sukun untuk mengobati jantung dengan memanfaatkan 1 lembar daun sukun yang sudah tua yang masih berada di pohon. Daun sukun yang sudah tua memiliki kadar kimia yang maksimal. Daun sukun dicuci bersih dan dijemur hingga kering, rebus dalam 5 gelas air hingga mendidih dan air tersisa separuh. Tambahkan lagi dengan air hingga 5 gelas, saring, kemudian diminum.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Selain untuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung, daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Pengobatan bisa Anda lakukan dengan cara menyediakan segenggam daun sukun dan dikeringkan. Daun sukun yang sudah kering kemudian diseduh dengan air panas. Air seduhan daun sukun tersebut dapat diminum setiap hari.

4. Mencegah penyakit kanker

Daun sukun memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi atau mencegah peradangan. Jika Anda ingin mencegah kanker dengan daun sukun, bisa menggunakan resep berikut ini:

Sediakan 1 lembar daun sukun yang telah tua, cuci bersih dan rebus dalam 5 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih, tambah lagi 5 gelas air dan tunggu hingga mendidih lagi. Tambahkan kembali 5 gelas air dan saring. Air rebusan tersebut siap untuk diminum.

5. Menurunkan tekanan darah dan diabetesmanfaat daun sukun

Sukun yang telah berwarna kuning dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan gula darah. Daun sukun dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal. Daun sukun mengandung phenol, quercetin dan champorol.

6. Mengatasi asam urat

Manfaat daun sukun juga bisa menjadi pengobatan tradisional penyakit asam urat. Daun sukun untuk mengatasi asam urat dengan cara segenggam daun sukun yang telah dikeringkan diseduh dengan air panas atau direbus. Jika sudah dinginm air rebusan tersebut diminum secara teratur.

Selain pengobatan dengan daun sukun, Anda juga harus tetap menjalani pola makan dan pola hidup sehat serta menghindari hal-hal yang bisa memicu penyakit tersebut.

sumber gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-KivnatsQxFo/To7SxYEf1eI/AAAAAAAAAJQ/RGTxvehXepg/s1600/91-sukun.jpg
2. http://dedeapha.com/uploads/2013/07/khasiat-daun-sukun.jpg