Kesehatan

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

ciri-ciri penyakit diabetesPenyakit diabetes atau penyakit gula merupakan kondisi umum yang disebabkan oleh tubuh manusia yang tidak mampu lagi memecah glukosa dan memanfaatkannya secara efektif. Glukosa berasal dari karbohidrat yang terpecah ke bawah, biasanya ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi manusia sehari-hari seperti nasi, roti, produk susu, makanan bergula dan buah. Glukosa dalam tubuh sangat penting sebagai penyedia energi untuk segala hal aktivitas dalam tubuh atau memperbaiki kerusakan tubuh.

Penyakit diabetes dibagi menjadi 2 tipe atau 2 jenis. Penyakit diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh yang tidak cukup bisa dan mampu untuk menghasilkan insulin, biasanya dikarenakan sel yang memproduksi insulin telah hancur. Penghancuran ini disebabkan oleh adanya virus dan umumnya terjadi pada mereka yang berumur dibawah 40 tahun. Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 adalah tubuh yang bisa memproduksi insulin di pankreas akan tetapi insulin tidak mampu memenuhi kebutuhan atau insulin tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Pada Manusia

Apa sajakah yang menjadi ciri-ciri penyakit diabetes yang timbul pada tahap awal seseorang menderitanya? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri penyakit diabetes yang dapat Anda ketahui

1. Mudah Merasa Lelah

Ciri-ciri pertama untuk penderita penyakit diabetes ini biasanya sering diabaikan oleh orang saat mereka melakukan aktivitas sehari-hari yaitu tubuh yang mudah merasa lelah.

2. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa diketahui apa penyebabnya adalah ciri-ciri awal seseorang menderita penyakit diabetes tipe 1. Berat badan yang turun secara tiba-tiba pada penderita diabetes ini disebabkan karena penggunaan glukosa dalam tuuh tidak belangsung secara normal sehingga lemak yang menimbun dalam tubuh dijadikan sebagai energy oleh tubuh.

3. Lebih Sering Merasa Haus

Tubuh yang sering merasa haus tanpa diketahui sebabnya yang jelas juga merupakan salah satu ciri awal orang menderita penyakit diabetes. Penyebab dari rasa haus ini karena tubuh kehilangan banyak air karena sering buang air kecil secara terus menerus sehingga tubuh membutuhkan banyak pasokan air kembali.

4. Warna Kulit Menjadi Gelap

Munculnya bintik-bintik berwarna gelap pada bagian kulit merupakan salah satu ciri-ciri orang mengalami penyakit diabetes. Kasus seperti ini biasanya terjadi disekitar leher. Penggelapan warna kulit ini disebabkan karena insulin yang direspon oleh tubuh, sehingga hal itu akan menghasilkan banyak pigmen.

5. Penglihatan Semakin Lemah

Pada penderita penyakit diabetes biasanya penglihatannya akan semakin kabur dan tidak fokus. Hal itu disebabkan karena tingkat glukosa dalam darah yang semakin meningkat. Kemudian glukosa dalam tubuh tersebut akan meningkat disekitar lensa yang pada akhirnya menyebabkan penglihatan manusia menjadi tidak fokus.

6. Mudah Lapar

Penderita diabetes juga akan lebih sering merasa lapar. Hal itu disebabkan karena kadar insulin yang ada di dalam tubuh. Seseorang yang mempunyai keinginan keras dengan rasa lapar ini biasa disebut juga dengan polifagia.

7. Luka Lebih Lama Sembuh

Salah satu ciri-ciri penyakit diabetes yang mudah untuk diketahui pada diri seseorang adalah dengan melihat luka pada tubuh yang sulit untuk sembuh dibandingkan dengan seseorang yang tidak terindikasi penyakit diabetes.

8. Menurunnya Fungsi Saraf

Menurunnya fungsi saraf pada penderita diabetes ini pada akhirnya akan menimbulkan rasa sakit pada tungkai kaki dan sering merasakan kesemutan. Tentunya bagi Anda yang sering merasakan hal ini harus lebih waspada.

Semoga dengan informasi mengenai ciri-ciri penyakit diabetes tersebut Anda bisa lebih hati-hati dan segera mengatasinya sebelum penyakit diabetes dalam tubuh Anda semakin parah. Segera periksakan diri Anda jika mengalami beberapa gejala diatas sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.ogretmenx.com/images/album/4_337.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Kapsul Mengkudu Untuk Membantu Mengatasi Diabetes

Kapsul Mengkudu Untuk Membantu Mengatasi Diabetes

Kapsul herbal mengkudu merupakan obat herbal alami yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes dan berbagai macam ....
Obat Herbal Diacarehi, Obat Herbal Diabetes

Obat Herbal Diacarehi, Obat Herbal Diabetes

Obat herbal diacarehi merupakan obat herbal diabetes yang berbentuk kapsul yang terbuat dari bahan-bahan alami ....
Obat Herbal Diabetes, Albibet

Obat Herbal Diabetes, Albibet

Albibet merupakan obat diabetes yang terbuat perpaduan dari bahan-bahan alami  istimewa yang dapat menurunkan kadar gula ....