Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Ciri-Ciri Mengalami Kehamilan Bayi Sungsang

Masalah yang bisa terjadi pada ibu hamil salah satunya adalah saat ibu mengalami kehamilan bayi sungsang. Bayi dapat dikatakan mengalami sungsang, jika posisi kepalanya berada di atas sedangkan kaki berada di bawah. Padahal kondisi bayi normal pada umumnya memiliki posisi kaki di atas dan kepala berada di bawah. Posisi yang seperti itu akan memudahkan bayi untuk keluar saat proses persalinan tiba.

Cara cepat untuk mengetahui posisi bayi saat masih dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan kandungan ke bidan atau dokter. Melakukan pemeriksaan secara rutin bisa membantu para ibu hamil untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan serta membantu untuk dapat melihat posisi bayi apakah berada dalam posisi normal, sungsang ataukah terbalik terbalik.

Ciri-Ciri Kehamilan Bayi Sungsang

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi apakah Anda mengalami kehamilan bayi sungsang atau tidak. Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Posisi Detak Jantung Bayi

Pada seorang wanita yang mengalami kehamilan bayi sungsang, detak jantung biasanya akan terasa sedikit agak naik di bagian atas perut. Hal ini karena posisi tubuh bayi sungsang berada pada rahim di sisi bawah.

2.Usia Kehamilan

Di samping bisa diketahui dari posisi detak jantung bayi, ciri-ciri kehamilan bayi sungsang juga akan tampak pada usia kehamilan memasuki minggu ke-36 maupun lebih. Hal itu dikarenakan pada minggu-minggu terakhir masa kehamilan, gerakan bayi dalam kandungan terasa semakin kuat.

3.Posisi Tendangan

Jika Anda sering merasakan bayi menendang-nendang di bagian bawah perut, hal semacam ini juga bisa ditarik kesimpulan bahwa Anda mengalami kehamilan sungsang. Hal ini karena kaki bayi berada di posisi bawah dan kepala bayi berada di posisi atas.

BACA JUGA:  Tips Mengontrol Buang Air Kecil Pada Ibu Hamil

Itulah beberapa ciri-ciri hamil sungsang yang bisa Anda ketahui dan amati sendiri di rumah. Namun, akan lebih baik jika Anda rutin memeriksakan kandungan Anda ke dokter kandungan atau bidan. Dengan begitu, ibu hamil bisa mengetahui posisi janin di dalam kandungan dengan lebih cepat dan tepat dengan bantuan ahlinya.

Sumber Gambar: http://2.bp.blogspot.com/_5s8JxrY6D8E/S8064ynXcTI/AAAAAAAAAUo/JM48-gqXZx4/s1600/hamil.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma Muda Kering Untuk Mengatasi Kemandulan, Menyuburkan Kandungan

Kurma muda kering adalah buah kurma yang di keringkan InsyaAllah Biidznillah bermanfaat untuk mengobati kemandulan, ....