Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Sesuai Usianya

cara menggendong bayiMenggendong bayi baru lahir juga merupakan salah satu cara yang paling efektif yang perlu dilakukan oleh para orang tua untuk mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak. Namun, cara menggendong bayi juga harus benar-benar diperhatikan karena jika tidak berhati-hati maka dapat berdampak tidak baik bagi si kecil.

Cara Menggendong Bayi Baru Lahir

Cara menggendong bayi agar memperoleh hasil yang optimal membutuhkan beberapa tips atau cara yang tepat terutama bagi bayi baru lahir. Dalam hal ini, cara menggendong bayi perlu dikategorikan menurut usia bayi, karena setiap bayi baru lahir hingga usia 8 bulan ke atas membutuhkan kebutuhan yang berbeda-beda.

Untuk mengurangi resiko-resiko yang berbahaya bagi bayi karena kesalahan dalam menggendong bayi baru lahir dan bisa memperoleh hasil yang optimal maka bunda perlu memperhatikan beberapa cara menggendong bayi baru lahir sesuai dengan usianya secara aman dan tepat.

1. Usia bayi 0-3 bulan

Pada usia ini, tulang bayi masih sangat lemah. Karena itulah posisi gendongan bayi yang terbaik adalah dengan cara membaringkan bayi tepat di lengan kita. Satu lipatan siku kita dapat digunakan untuk menopang leher serta kepala bayi. Sementara itu, tangan yang satunya digunakan untuk menopang punggung dan pantat bayi.

2. Usia bayi 4 bulan

Posisi menggendong saat bayi berusia 4 bulan adalah hampir sama dengan saat menggendong bayi baru lahir usia 0-3 bulan. Hanya saja yang membedakan adalah posisi gendongan bayi sesekali bisa didudukkan pada pangkuan kita dengan memposisikan kepalanya tepat bersandar di dada kita dan wajah menghadap ke depan.

3. Usia bayi 5 bulan

Bayi dengan usia yang telah menginjak 5 bulan biasanya sudah mampu menopang kepalanya sendiri sehingga cara menggendong bayi bisa di posisikan tepat pada pinggang kita dengan kaki bayi yang dilingkarkan di pinggul kita. Posisi gendongan bayi seperti itu, kita hanya perlu menopangnya dengan satu tangan saja.

4. Usia bayi 6 bulan

Cara menggendong bayi di usia bayi 6 bulan ini, kita bisa sesekali menggendong di punggung karena bayi sudah mampu menopang kepalanya sendiri dengan sempurna.

5. Usia bayi 8 bulan

Pada usia ini orang tua masih dianjurkan untuk sesekali menggendongnya. Namun, orang tua juga harus memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi sendiri, entah saat di kasur maupun di lantai rumah. Biarkan bayi mengeksplorasi kemampuan, keingintahuannya dengan lingkungan dan lain sebagainya. Yang penting disini adalah anak masih dalam pengawasan orang tua.

Cara-cara tersebut sangat penting orang tua ketahui untuk meminimalisir resiko-resiko yang tidak diinginkan terjadi pada bayi Anda. Selain itu, kita juga bisa selalu memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi kita sehingga ikatan batin pun akan terjalin semakin erat. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://blog.melindacare.com/uploads/2014/02/Menidurkan-Bayi-dengan-Menggendongnya-Tidak-Baik.jpg

Gendongan Bayi baby Dialogue Ransel

Gendongan Bayi baby Dialogue Ransel

Gendongan bayi Dialogue Baby adalah gendongan bayi yang menggunakan bahan yang nyaman untuk si buah ....
Rp 115.000 Beli
Gendongan Bayi 3 Posisi Dialogue Baby

Gendongan Bayi 3 Posisi Dialogue Baby

Gendongan bayi ini merupakan salah satu pelengkapan baby terobosan terbaru, yaitu gendongan instan yang penggunaannya ....
Rp 200.000 Beli
Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Rp 55.000 Beli

Komentar