Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Membedong Bayi Dengan Tepat

Share Yuk!

Membedong bayi adalah istilah bagi masyarakat Indonesia yaitu membungkus bayi baru lahir dengan menggunakan kain bedong bayi dengan tujuan agar kakinya lurus. Pada bayi jika dibedong dengan benar, bayi akan merasakan kehangatan dan kenyamanan sehingga bayi baru lahir akan merasa tenang ketika mendapat rangsangan yang berlebih dari luar.

Membedong bayi baru lahir memiliki banyak manfaat positif bagi si kecil ketika cara membedong bayi baru lahir dilakukan dengan benar. Namun, jika cara membedong bayi mengalami kesalahan, maka juga akan berbahaya bagi bayi baru lahir. Sehingga  bunda membutuhkan beberapa tips atau cara membedong bayi baru lahir dengan tepat untuk membantu bayi agar tetap hangat dan membantu menenangkan bayi.

Membedong bayi juga bisa membantu bunda menenangkan bayi baru lahir yang rewel karena belum terbiasa dengan suara-suara yang ada dilingkungan sekitar. Karena itulah, penting bagi bunda untuk membedong bayi baru lahir. Berikut adalah beberapa cara membedong bayi baru lahir dengan tepat.

Tips Membedong Bayi

  1. Perhatikan terlebih dahulu kondisi bayi Anda sebelum dibedong, jangan membedong bayi pada saat bayi sedang dalam keadaan lapar, bayi masih basah setelah mandi atau saat bayi sedang lelah.
  2. Jangan membedong bayi terlalu kencang, karena bisa merusak sendi lutut pada bayi.
  3. Jika cuaca sedang dingin, pakaikan baju dan celana panjang pada bayi sebelum bunda membedongnya. Namun, jika cuaca sedang panas gunakan kaos singlet dan celana pendek saja.
  4. Kain bedong bayi jangan sampai menutupi wajah bayi.
  5. Pilih ruangan yang nyaman saat bayi tertidur dalam kondisi sedang dibedong.

Langkah-langkah Membedong Bayi Baru Lahir

  1. Bentangkan kain bedong bayi ditempat yang rata.
  2. Lipat sudut kain bedong bayi pada bagian atas ke bawah kira-kira 15-20 cm, sehingga pada permukaan atas kain bisa membentuk garis horisontal.
  3. Letakkan bayi secara perlahan di atas kain bedong bayi, sehingga ujung bagian atas kain bedong bayi yang berbentuk horizontal tadi bisa sejajar dengan bahunya.
  4. Turunkan tangan sebelah kanan bayi sehingga tepat berada di samping tubuhnya.
  5. Tarik sudut kain bedong bayi yang ada di sisi sebelah tangan kanan bayi tadi kemudian gunakan untuk menyelimuti tangan serta dadanya lalu selipkan sisa kain bedong bayi di bawah punggungnya yang berada pada sisi sebelah kiri tubuhnya.
  6. Turunkan tangan kiri bayi sehingga berada tepat di samping tubuhnya.
  7. Tarik sudut kain bedong bayi yang ada di sisi tangan kirinya untuk menyelimuti tangan dan dadanya kemudian selipkan ujung kain bedong bayi ke bawah punggung yang ada di sisi sebelah kanan tubuh bayi.
  8. Lipat ujung kain bedong bayi bagian bawah, kemudian selipkan ke bawah tubuh bayi. Namun usahakan untuk tetap longgar atau jangan terlalu kencang sehingga lutut bayi bisa dilipat olehnya dan pinggul juga bisa bergerak dengan baik.
BACA JUGA:  Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir yang tidak betah dibedong bisanya akan berontak dan menangis. Hal itu terjadi pada usia bayi lebih dari 1 bulan. Semoga informasi tentang cara membedong bayi baru lahir bisa bermanfaat bagi bunda. Selamat mencoba.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-KKnKCUjFz_A/TuAsoiZKWLI/AAAAAAAAAPg/hi_KCmK7dVc/s1600/bedong-bayi1.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok boon squirt adalaha pelengkap bayi yang berberbentuk botol sekaligus sendok yang di gunakan bunda ....
Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Popok Kain – Cloth Diapers Coolababy Pants Plus 1 Insert Microfiber

Popok Kain – Cloth Diapers Coolababy Pants Plus 1 Insert Microfiber

Anda pemakai setia Disposable Diapers atau popok sekali pakai? Berapa banyak uang yang sudah anda ....