Cara Mengatasi Batuk Anak Tanpa Obat

Saat batuk anak akan menjadi gelisah saat ia tidur karena terganggu nya batuk. Selain itu ketika anak batuk  juga akan mengurangi nafsu makan sang anak. Kini sudah beredar banyak di masyarakat obat batuk anak dengan berbagai macam rasa. Namun bagaimana jika sang anak tidak menyukai minum obat? Berikut ini ada beberapa cara mengatasi batuk anak tanpa obat.

Mengatasi batuk anak tanpa obat bisa menjadi pilihan karena perlu di ketahui bahwa batuk pada anak biasanya merupakan self limiting ( dapat sembuh dengan sendiri) jadi orang tua dapat melakukan terapi non obat yang bermanfaat pada anak.

1. Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dan masih ASI ekslusif disarankan agar untuk lebih sering minum ASI

2. Bayi yang tidak ASI ekslusif dapat diberikan minum dengan air putih hangat 1-3 sendok teh selama 4 kali dalam sehari. Sedangkan pada bayi yang ASI ekslusif diberikan ketika berusia dia atas 6 bulan.

3. Pada batuk berdahak, banyak minum air putih hangat manfaatnya sama dengan obat mukolitik, yakni dapat membantu mengencerkan dahak. Banyak minum juga bisa mengencerkan ingus dan lendir di tenggorokan sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Atau anda bisa memberikan madu pada anak, namun pemberian madu pada anak haruslah di atas usia 1 tahun. Karena madu yang diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun memiliki resiko keracunan.

5. Hindari makanan yang bisa menimbulkan batuk kembali seperti minuman yang mengandung es, permen atau makanan yang berlemak.

6. Minta anak untuk banyak istirahat dan mengurangi bermain

7. Hindarkan anak dari asap rokok karena dapat memperparah batuk anak

Leave a Comment