Cara Mendidik Anak Mandiri Sejak Dini

cara-mendidik-anak-mandiri-sejak-diniMendidik anak mandiri sejak dini memang bukan perkara yang mudah. Mandiri merupakan hal yang harus ada dalam diri seseorang.  Karena tidak mungkin kita akan terus bergantung kepada orang lain.  Oleh karena itu seiring dengan bertambahnya usia anak, maka si anak harus mulai diajarkan tentang kemandirian.  Melatih kemandirian ini merupakan bekal yang baik untuk anak karena kita sebagai orang tua tidak mungkin akan terus bersama anak. Berikut ini ada beberapa cara mendidik anak agar mandiri sejak dini :

1. Melatih Anak Buang Air Besar/Kecil Di Toilet

Kadang anak masih belum berani untuk buang air besar/kecil di toilet. Anak – anak biasanya juga masih suka ngompol di celana. Oleh karena itu latih sang anak untuk buang air di toilet, ketika mereka tidak berani katakan pada mereka bahwa jika ingin ke toilet bilang sama papa atau mama ya. Lama – kelamaan mereka akan terbiasa dengan buang air di toilet.

2. Melatih anak tanggung jawab terhadap barang miliknya

Anak – anak biasanya sangat senang bermain, apalagi jika mereka memiliki mainan yang banyak. Biasanya anak – anak langsung meninggalkan mainan mereka ketika mereka sudah bosan. Ajari sang anak untuk merapikan dan membereskan kembali mainan yang telah ia gunakan.

3. Mengajari Anak Menabung

Ajari sang anak untuk menabung, dengan memberikan mereka celengan karakter yang sesuai dengan apa yang mereka sukai. Berikan pengertian pada anak, jadi ketika menginginkan sesuatu atau mainan mereka dapat membeli dengan uang hasil tabungannya. Dengan begitu anak tidak akan selalu meminta kepada kita.

4. Mendidik anak belajar untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf jika melakukan kesalahan

Kadangkala anak – anak akan bertengkar dengan teman sebaya nya mungkin hanya masalah sepele saja seperti berebut mainan. Beritahu anak bahwa merebut barang yang bukan miliknya itu tidak boleh dan tidak baik. Ajarilah sang anak untuk meminjam barang dengan sopan. Dan jika sang anak berbuat salah ajarilah untuk meminta maaf.

5. Memberikan kesempatan anak untuk menentukan pilihannya

Ketika sang anak sudah memasuki usia sekolah, biasanya akan ada tambahan ekstra di sekolah. Berikan sang anak kesempatan untuk memilih ekstra mana yang ingin di lakukan. Namun sebelumnya ajaklah sang anak diskusi terlebih dahulu mengenai apa yang menjadi minat dan bakat anak.

6. Ajak Sang Anak Membantu Membersihkan Rumah

Ajak sang anak membantu membersihkan rumah, karena dengan begitu sang anak akan mengerti bahwa menjaga kebersihan rumah itu penting. Sehingga ia tidak akan mengotori rumah dengan mainan atau lumpur ketika ia bermain diluar rumah.

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 285.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Rp 110.000 Beli
Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu Asli Al-Shifa Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Madu asli al-shifa merupakan madu asli yang langsung diimpor dari Saudi Arabia. Madu asli al-shifa ....
Rp 100.000 Beli
Madu Anak Stop Ngompol Dan Kesehatan Saluran Kemih

Madu Anak Stop Ngompol Dan Kesehatan Saluran Kemih

Madu anak stop ngompol adalah ramuan tradisional yang diformulasikan dari madu hutan pilihan kemudian diramu ....
Rp 45.000 Beli

Komentar