Parenting

7 Cara Melatih Kecerdasan Anak

Share Yuk!

7-cara-melatih-kecerdasan-anakBanyak orangtua yang melatih kecerdasan anak sehingga ia dapat menjadi anak cerdas seperti yang di inginkan. Namun anda jangan lupa bahwa setiap anak mewarisi bakat serta kecerdasan masing – masing. Artinya kita sebagai orangtua haruslah membimbing serta menggali potensi pada anak bukan sebaliknya. Berikut ada beberapa hal yang dapat anda lakukan agar mengembangkan kecerdasan anak : 

1. Berikan Makanan bergizi pada anak

Tanpa makanan yang sehat serta bergizi melatih kecerdasan anak akan menjadi hal yang sia – sia saja. Jangan memberikan anak makanan yang banyak mengandung bahan pengawet. Berikan anak makanan yang mengandung banyak protein, kandungan gizi yang baik, vitamin serta karbohidrat yang baik. Misalkan saja ikan, daging, sayur – sayuran dan buah – buahan.

2. Biarkan anak – anak menikmati dunianya

Pada dasarnya anak – anak sangat senang bermain dan bersenang – senang. Biarkan sang anak dengan dunia nya agar ia dapat menikmati masa pertumbuhannya. Semakin anak banyak bermain maka kecerdasanya akan semakin terlatih juga karena terjadi perkembangan sel otak yang membentuk pola akan sesuaatu yang dia lakukan berlulang-ulang. Namun hal yang harus anda ingat bahwa anda harusnya memberikan permainan yang mengandung edukasi dan mengasah perkembangan otak anda. Misalnya saja bermain puzzle, menyusun balok, bermain yang mengandung unsur angka.

3. Ajak sang anak berolahraga

Anda tahu sendiri bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Ajaklah anak anda berolahraga ringan seminggu sekali atau seminggu dua kali. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang menuju otak, sehingga secara otomatis otak akan memperoleh nutrisi yang cukup.

4. Memberitahu agar tidak malu bertanya

Anak – anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang besar, beritahu pada anak bahwa jangan malu bertanya. Supaya apa yang ingin di ketahui sang anak bisa terjawab dan ia tidak menjadi penasaran. Ajari juga mereka supaya selalu menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

BACA JUGA:  Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Anak

5. Aktivitas menyenangkan bagi anak

Berilah aktivitas yang  menyenangkan bagi anak, aktivitas tersebut tidaklah melulu tentang bermain. Misalnya saja anda dapat mengajak sang anak bernyanyi bersama dengan lagu kesukaan anak, Anda juga bisa mengajari anak anda membaca buku anak – anak. Beri pemahaman pada anak bahwa buku itu adalah jendela dunia. Apa yang ingin diketahuinya di seluruh dunia bisa ia dapat kan dengan membaca.

6. Ajari anak untuk berkata baik

Sesungguhnya perkataan merupakan doa, hal ini di sebabkan karena hampir 90% dalam tubuh kita adalah cairan yang jika kita memberikan sugesti yang positif akan juga menjadi positif dan tentunya ini akan menjadikan anak menjadi semakin cerdas.

7. Penuhi minat anak anda

Pada usia tertentu buah hati Anda akan menunjukkan minat pada salah satu bidang. Usahakan untuk memenuhi keinginannya tersebut. Anda bisa menyediakan buku-buku bacaan ataupun alat-alat peraga yang ada kaitannya dengan bidang yang digemarinya.

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Madu Herbal Syamilah For Kids

Madu Herbal Syamilah For Kids

Madu Herbal Syamilah For Kids merupakan komposisi nutrisi alami yang di formulasikan dari bahan-bahan alam, ....
Alat Peraga Edukatif Belajar Membaca

Alat Peraga Edukatif Belajar Membaca

Alat peraga edukatif merupakan alat bantu peraga belajar bagi anak-anak untuk memudahkan mereka menguasai sebuah ....