Kehamilan & Kelahiran, Keputihan, Kesehatan Wanita

Cara Mencegah Masalah Keputihan Pada Ibu Hamil

Share Yuk!

Kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan bagi semua orang terutama bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Pernahkah Anda selama masa kehamilan merasakan hal yang tidak nyaman di sekitar organ kewanitaan? Penyebabnya adalah cairan di sekitar organ intim wanita. Keluarnya cairan berwarna putih susu dan encer yang biasa disebut dengan keputihan ini sebenarnya normal pada waktu ibu sedang hamil.

Penyebab dari keluarnya cairan atau keputihan ini karena terjadinya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil selama masa kehamilan. Meningkatnya produksi hormon progesteron dan estrogen pada masa kehamilan inilah yang menyebabkan tubuh ibu hamil mengeluarkan cairan di sekitar organ intim wanita. Sebenarnya hal seperti ini juga sudah menjadi rutinitas yang dialami oleh setiap wanita meskipun sedang tidak dalam keadaan hamil, misalnya saja sebelum masa menstruasi setiap bulannya.

Mencegah Keputihan Pada Ibu Hamil

Pada umumnya, keluarnya cairan pada organ intim wanita yang disebut dengan keputihan ini akan terus meningkat terus hingga masa persalinan dan bisa menjadi sangat banyak. Namun, perlu ibu hamil ketahui bahwa hal ini tidaklah membahayakan bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah masa persalinan atau bayi lahir. Yang terpenting dalam hal ini adalah jangan sampai terjadi perubahan pada cairan keputihan atau lendir tersebut, karena bisa jadi hal yang awalnya normal justru dapat membahayakan kesehatan ibu hamil serta janin yang masih ada di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya khususnya kebersihan organ intimnya untuk mencegah keluarnya keputihan yang berlebih dan membahayakan. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan rajin membersihkan organ intim wanita dan melakukan vaginal spa atau vaginal toilet, yaitu cara membersihkan liang organ intim dengan bantuan tenaga medis. Vaginal spa atau vaginal toilet bisa dilakukan pada waktu seorang wanita sedang menjalani masa kehamilan maupun tidak dalam keadaan sedang hamil. Jika dilakukan pada saat hamil tentu saja bertujuan untuk menghindari keputihan yang berlebih dan demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

BACA JUGA:  Penyebab Penyakit Kutil Pada Organ Intim Wanita

Cara mencegah masalah keputihan pada ibu hamil yang berlebihan dengan cara vaginal toilet ini bisa dilakukan setelah usia kehamilan mencapai 12 minggu dan proses ini dilakukan selama kuranglebih 10 menit. Caranya, pertama-tama memasukkan atau menyemprotkan larutan antiseptik ke dalam lubang organ intim wanita. Kemudian dilakukan pengangkatan lendir yang terdapat pada lubang organ intim wanita. Jika sudah bersih, maka petugas medis akan mengakhirinya dengan cara memasukkan obat pada liang organ intim wanita untuk mencegah masalah keputihan.

Agar obat yang dimasukkan dapat bekeja secara maksimal, biasanya setelah proses ini ibu hamil dilarang untuk melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Namun, aturan ini hanya berlaku selama satu hari saja pada saat setelah pelaksanaan.

Selanjutnya, ibu hamil disarankan selama tiga hari kemudian untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencermati hasil yang diperoleh dari vaginal toilet . Selain itu, bertujuan untuk mengurangi rasa yang tidak nyaman di sekitar selangkangan akibat dilakukannya vaginal toilet, tenaga medis juga akan memberikan krim untuk dioleskan pada sekitar selangkangan.

Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi para ibu hamil dan jagalah selalu kebersihan organ intim wanita Anda demi kesehatan.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-gfihb5MCXI0/Tm2UdBXZ0qI/AAAAAAAAACU/UT0m-Sf6wjU/s1600/20370_1313168104222_1081245389_30964185_1068638_n.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, di racik dari perpaduan bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Suplemen wanita dewasa ini ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....